Modal Wajah Cantik Belum Tentu Menang di Face Icon Model Search, Ini Syarat Utama untuk Jadi Model Foto

156 views
Pakuwon Mall menggelar Face Icon Model Search untuk menggali bibit baru yang punya bakat jadi model foto.

iniSURABAYA.com – Model yang melenggang di catwalk memang berbeda dengan model foto. Model foto tidak perlu memiliki tinggi tertentu seperti disyaratkan untuk model runway.

Syarat penting seorang model foto adalah bisa ‘berkomunikasi’ melalui ekspresi wajahnya, terutama tatapan matanya. “Dari sisi fotografi, saya akan fokus pada ‘face icon’, yang bisa berkomunikasi lewat mata,” ungkap Much Rizky kepada iniSurabaya.com, Minggu (24/4/2022).   

Rizky menekankan, seorang model yang bisa membuat matanya ‘berisi’ dan dapat menyampaikan ‘pesan’ dengan benar akan mendapat nilai terbaik.

“Jadi, memang cantik aja belum tentu bisa dapat nilai bagus jika model tidak bisa fokus pada tatapan matanya,” tegas fotografer kondang Surabaya ini.

Rizky menjadi salah seorang juri di ajang Face Icon Model Search yang digelar dalam rangkaian Muslim Fashion Runway di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya.

Kegiatan yang sudah berlangsung untuk ke-tiga kalinya ini diikuti sekitar 68 peserta yang diseleksi jadi 20 finalis, dan puncaknya ditentukan 10 best icon. Peserta dibagi untuk kategori wajah Oriental, Arab, Indonesia, dan bule.

“Jadi model foto harus bisa menyampaikan ‘pesan’ melalui tatapan matanya. Misalnya, ketika fotografer men-direct ‘coba ekspresikan bahwa kamu paling cantik seperti apa’,” tuturnya.  

Disinggung penilaiannya pada peserta Face Icon Model Search kali ini, Rizky mengaku kesulitan menentukan pilihan untuk kategori Oriental. “Karena peserta untuk kategori ini justru banyak,” ungkapnya.

Sebaliknya, kata Rizky, pemilihan untuk kategori muslim lebih mudah, karena peserta yang berhijab sangat sedikit.

Sementara Dian Apriliana Dewi, Senior Marketing Manager Pakuwon Mall Surabaya mengatakan bahwa Face Icon Model Search ini merupakan agenda tahunan pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara tersebut.

“Biasanya kami selenggarakan setiap bulan Februari bertepatan dengan ulang tahun Pakuwon Mall,” ucapnya.

Tetapi karena bulan Februari lalu masih pandemi, kata Dian, maka pelaksanaannya diundur dan baru digelar bersamaan dengan Muslim Fashion Runway.

“Biasanya yang banyak dilombakan adalah model catwalk. Melalui acara ini kami ingin menggali potensi mereka yang tidak punya tinggi seperti model catwalk, tetapi punya look bagus,” imbuhnya.

Di sisi lain, lanjut Dian, acara tersebut untuk memenuhi kebutuhan Pakuwon Grup terkait calendar event. “Kami cari bibit-bibit baru untuk akomodir kebutuhan model foto,” cetusnya.

Pemenang Face Icon Model Search ini, kata Dian, akan dikontrak selama setahun jadi model Pakuwon Group. “Mereka yang terpilih (sebagai pemenang), setiap bulan akan diajak foto. Jika diperlukan untuk model bikin video, mereka juga dilibatkan,” bebernya.

Senada dengan Rizky, Dian menekankan bahwa peserta dengan wajah cantik belum tentu jadi pemenang. “Sebaliknya, yang jelek belum tentu nggak masuk (sebagai pemenang). Semua akan dinilai dari ekspresi di depan kamera,” katanya. ap

#catwalk #faceiconmodelsearch #modelfoto #pakuwonmall

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)