‘Finding Balance’ : Cara Kenyem Kampanyekan Keseimbangan Alam Lewat Lukisan

109 views
Nyoman Sujana Kenyem sedang mendemonstrasikan kepiawaian menggoreskan kuas di atas kanvas untuk menandai peresmian pameran tunggalnya di Teh Villa Gallery Surabaya.

iniSURABAYA.com – Kehidupan harus seimbang, antara manusia dan lingkungan sekitarnya. Semangat keseimbangan itulah yang diusung Nyoman Sujana Kenyem di pameran tunggal yang disajikan di Teh Villa Gallery Surabaya.

Pelukis asal Ubud, Bali ini menghadirkan sekitar 20 karya lukis yang semuanya memapar tema manusia dan alam sekitarnya. “Karena kita tak bisa lepas dari lingkungan sekitar, tak bisa lepas dari ala mini,” tegasnya kepada iniSurabaya.com.

Ditemui di tengah persiapan pembukaan pameran bertajuk ‘Finding Balance’, pria yang akrab disapa Kenyem ini menambahkan manusia dan alam saling bergantung. “Keduanya sama-sama penting,” tandasnya.

Mengenai ikon manusia yang banyak ‘menghiasi’ karya lukisnya, Kenyem menyatakan bahwa ikon manusia itu ibarat daun. “Daun kalau kena angin atau hujan akan melayang dan terbang sebelum akhirnya jatuh ke tanah. Dan ketika jatuh, dia hanya jadi sampah atau pupuk tergantung perjalanan saat melayang,” urainya.

Begitu pula manusia. “Manusia setelah dewasa akan lepas dari orangtua, dan punya kehidupan sendiri. Ketika dia nanti kembali ke tanah (meninggal, red), apakah berakhir dengan baik atau tidak, tergantung tindakan selama di tengah masyarakat,” tuturnya.

Lulusan STSI Bali (sekarang menjadi Institute Seni Indonesia/ISI Bali) mengaku senang bisa kembali berpameran langsung dan memajang karyanya bagi para penikmat seni setelah selama pandemi hanya bisa pameran daring.

Diakui Kenyem, pameran di Surabaya ini merupakan yang pertama kali dia lakukan. Selain di Bali, Kenyem juga pernah pameran di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Malang, dan Magelang. Karya-karya Kenyem juga sempat dipajang di International Art Biennale Beijing, juga di Singapura, Myanmar, Australia, Korea, Swedia, dan Malaysia. ap

#bali #nyomansujanakenyem #pameranlukisan #surabaya #tehvillagallery #ubud

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)