Sempat Kehilangan Pekerjaan Karena Kecelakaan Kerja, Karya Lukis Jamaludin Kini Malah Dikenal Sampai Kanada dan Nederland

206 views
Jamaludin sedang memaparkan proses pembuatan karya lukis yang menggunakan bahan pelepah pisang ke Andreas Riyadi, General Manager Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama, dan Diane Laurentia, Marketing Communication & Senior MICE Manager Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama.

iniSURABAYA.com – Cacat tubuh tak membuat Jamaludin patah arang. Meski sempat drop, pria asal Kraksaan, Probolinggo ini lalu bangkit dan kini karya lukisnya dikenal hingga mancanegara.

Jamal –begitu dia akrab disapa—mengaku sempat mengalami kecelakaan kerja di tahun 2008. “Saya tertimpa besi seberat 1 ton. Semula dokter memvonis saya lumpuh total. Saya bersyukur kini bisa kembali beraktivitas,” katanya kepada iniSurabaya.com, Kamis (16/6/2022).

Lukisan Jamal termasuk karya yang dipajang di lobi Mercure Surabaya Grand Mirama bersama karya-karya penyandang disabilitas lainnya. Pameran karya yang berlangsung hingga Minggu (19/6/2022) itu digelar dalam rangka pekan Diversity & Inclusion yang digelar Accor di bulan Juni 2022 di seluruh dunia.

Menurut Jamal, sejak kehilangan pekerjaan akibat kecelakaan di tempat kerjanya dia berusaha menyalurkan hobi melukis dengan memakai berbagai bahan daur ulang.

“Awalnya saya pakai macam-macam daun. Tetapi karena sempat kehabisan bahan saya coba menggunakan kulit kwaci dan kulit singkong,” ungkap Jamal yang sempat melukis kanvas ini.

Jamal juga pernah melukis pakai kulit telur sampai akhirnya beralih ke pelepah pisang dan bertahan sampai sekarang. Untuk bahan pelepah pisang ini dia tak perlu khawatir karena selalu ada pasokan dari tempat kelahirannya di Probolinggo.

#disabilitas #hotelmercuresurabayagrandmirama #jamaludin

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)