Dapat Info Hasil Panen Sayur Bayam Dijual ke Tengkulak, Cak Eri Bakal Buka Lapak Khusus di Pasar

Cak Eri dan Ning Rini mengoperasikan mesin Combine Harvester, alat untuk panen padi otomatis.

iniSURABAYA.com – Kota Surabaya kembali membuktikan kemampuannya menghasilkan padi untuk konsumsi warga kota tersebut.

Panen raya padi ini dilakukan Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya bersama Rini Indriyani, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya dan Kelompok Tani Bahari Karya Kelurahan Medokan Semampir Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya, Selasa (20/9/2022).  

Bacaan Lainnya

Panen raya di area persawahan Jalan Semolowaru Bahari tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sebagai upaya menjaga ketahanan pangan, sesuai program kedaulatan pangan pada masa pandemi Covid–19.

Di area persawahan yang memiliki luas 11 hektar itu, Cak Eri, Ning Rini beserta Kelompok Tani Bahari Karya memanen 13 ton padi jenis Ciherang per satu hektar. Bahkan, Cak Eri dan Ning Rini ikut mengoperasikan mesin panen padi otomatis, yakni mesin Combine Harvester.

Cak Eri mengaku bangga di Kota Surabaya ada pengembangan pertanian yang satu hektarnya bisa menghasilkan 13 ton padi. “Saya juga matur nuwun (terima kasih) kepada TNI Angkatan Laut (AL) karena tanah yang ditanami padi adalah tanah TNI AL yang dimanfaatkan dan digunakan sebagai lahan pertanian untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Cak Eri berharap, melalui aset Pemkot yang dikemas dalam Program Padat Karya bisa disinergikan dengan kelompok tani agar bermanfaat dan membantu mensejahterakan kelompok tani.

Pos terkait