Inilah 6 Gunung Paling Indah di Pulau Bali

ILUSTRASI : Gunung Agung (foto: IST)

iniSURABAYA.com – Pantai di Pulau Bali punya pesona yang mengagumkan. Tak heran bila mayoritas wisatawan hanya tertarik pada keindahan pantai yang dimiliki destinasi yang mendapat julukan Pulau Dewata tersebut.  

Pasirnya putih dan halus, ombaknya memukau, belum lagi dengan pemandangan matahari terbit maupun terbenam yang tidak dapat dilewatkan. Meski begitu, Bali tidak hanya terkenal dengan gugusan pantai indahnya.

Bacaan Lainnya

Pulau Seribu Pura itu juga memiliki gugusan gunung yang sangat eksotis dan menawan, tak kalah dengan pantai yang ada. Pastinya, Bali memang bisa jadi destinasi pilihan turis yang ingin mendapatkan wisata alam gunung yang lebih beragam.

Langsung cek saja penawaran harga tiket pesawat ke aneka destinasi yang banyak ditawarkan di aplikasi Traveloka.

Wisata Gunung di Bali

Berikut beberapa gunung di Bali dengan alam yang indah:

1.Gunung Batur

Pilihan pertama adalah Gunung Batur di wilayah Kintamani. Gunung ini dikabarkan punya daya tarik sendiri oleh masyarakat, yaitu merupakan wujud seorang ibu atau disebut juga Pradhana. Gunung Batur juga jadi destinasi populer karena Unesco menyebutnya sebagai geopark gunung pertama di Indonesia.

Gunung dengan tinggi 1.717 mdpl ini memiliki trek dan kontur jalan yang aman. Alhasil, pendaki awam juga aman untuk menjajakinya. Setidaknya, dibutuhkan waktu kira-kira dua sampai tiga jam untuk sampai tiba di bagian tertinggi Gunung Batur. Dari sana, wisatawan dapat melihat keindahan Danau Batur yang menjadi tempat wisata populer di kawasan Kintamani.

2.Gunung Lesung

Gunung Lesung dengan ketinggian 1.865 mdpl ini menawarkan rimbun dan sejuknya pepohonan dan udara di sekitar, air yang mengalir dari Sungai Mue, juga melalui kawasan pemukiman penduduk setempat yang ada di Desa Tamblingan. Wisata lain yang turut mengundang daya tarik di kawasan tersebut adalah Danau Tamblingan.

Meski demikian, hal menarik yang tidak boleh dilewatkan adalah legenda Gunung Lesung. Dikisahkan, apabila turis dapat melihat kawah di gunung ini, konon katanya kawah tersebut tidak sembarang kawah. Kawah ini disebutkan dapat mengeluarkan uap panas dan menjadi tempat tinggal rusa.

3.Gunung Batukaru

Jika turis tertantang menaklukkan gunung di Bali yang lebih tinggi, pilihan terbaik adalah menuju ke Gunung Batukaru. Tingginya sekitar 2.376 mdpl dan menjadi salah satu gunung yang populer di Pulau Dewata. Meski demikian, apa yang dipunyai Gunung Batukaru sebenarnya tidak hanya indahnya.

Gunung yang menawan ini juga dijadikan sumber kehidupan penduduk di sekitar. Sisi hulu sungainya tidak pernah kering dan menjadi sumber air penduduk Bali Tengah sejak lama. Wisatawan juga dapat melihat pura yang jalurnya dapat dipakai untuk mendaki.

4.Gunung Catur

Gunung yang punya nama lain Puncak Mangu ini memiliki ketinggian 2.095 mdpl dan terletak di Bedugul. Turis hanya membutuhkan waktu selama 2,5 jam hingga sampai ke bagian puncak. Banyak sekali pemandangan alam yang bisa dinikmati dari atas Gunung Catur, misalnya Danau Beratan dan Danau Buyan.

Selain itu, letaknya yang ada di bagian tengah deretan gunung di Bali membuat gunung ini memiliki latar yang unik karena menampilkan semua deretan gunung yang lain. Tak ketinggalan, Pura Pucak Mangu yang ada di bagian puncaknya. Menariknya, pura ini masih aktif dipakai untuk ibadah.

5.Gunung Abang

Gunung dengan tinggi 2.151 mdpl ini memang populer di kalangan para pendaki, dengan jalur pilihan adalah Jalur Songan. Namun, Jalur Songan bisa dibilang sebagai jalur yang cukup panjang. Jadi, apabila turis ingin menggunakan jalur lain, Desa Suter bisa jadi pilihan yang tepat.

Sesampainya di bagian puncak, wisatawan disuguhi indahnya alam Danau Batur. Danau ini juga telah digunakan sebagai sumber air oleh penduduk Suku Bali Aga. Selain itu, turis juga dimanjakan rimbunnya pepohonan yang seperti menggunung di bagian lainnya.

6.Gunung Agung

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di Bali. Wisatawan dapat memilih jalur yang sama saat menuju ke Pura Besakih untuk bisa ke Gunung Agung. Bagian puncak gunung ini menawarkan pemandangan alam yang pastinya tak akan tergantikan. Wisatawan dapat melihat megahnya Gunung Rinjani yang ada di Lombok dari sini.

Selain itu, gunung dengan tinggi mencapai 3.031 mdpl ini juga memiliki cerita yang sangat menarik. Penduduk setempat percaya bahwa Gunung Agung digunakan sebagai istana sekaligus tempat bersemayam para dewa.

Demikian tadi beberapa rekomendasi gunung paling indah di Bali yang bisa jadi tujuan saat berkunjung ke Pulau Dewata tersebut. Supaya perjalanan selama di Bali jadi lebih praktis dan mudah, tak ada salahnya untuk menyewa mobil pribadi. ana

Pos terkait