Tampil Anggun Saat Rayakan Imlek dengan Busana Padu Padan Batik Pamekasan dan Motif Boneka Opera Cina

494 views
untuk memperingati Imlek tahun ini, desainer Embran Nawawi memadukan batik khas Pamekasan dengan motif boneka opera Cina.

iniSURABAYA.com – Embran Nawawi tak pernah berhenti berkreasi. Di tengah pandemi yang belum mereda di awal tahun 2021, desainer asal Surabaya ini menghadirkan karya terbarunya, Chinese Dolls Stories.

Boneka opera Cina ini memang menarik perhatian Embran sehingga tangan dinginnya lalu berkreasi dan hasilnya adalah shadows puppets atau wayang untuk motif busana Imlek.

Untuk menghadirkan gaun boneka opera Cina ini Embran memadukan material polos, motif dan sulam dengan batik tulis Pamekasan. “Batiknya tetap pakai yang klasik, motifnya di antaranya ada pecah beling, kupu-kupu, dan tembakau,” papar desainer yang juga pengajar di sekolah model ini.

Embran berusaha memadukan batik tulis dengan kain sifon dan tule sehingga gaya busana ala Cina ini bisa tampil elegan. “Ada yang bergaya modern, ada yang klasik dan masih bisa dikenakan untuk acara glamour,” imbuhnya.

Ada lima koleksi yang disiapkan dengan gaya busana berdasarkan cerita atau kisah di dalam cerita Cina, yaitu kisah pendekar perempuan, puteri khayangan, kisah cinta, dan puteri kerajaan.

Menurut Embran, busana ini dapat dikenakan untuk para gadis remaja maupun wanita dewasa. “Harapannya pada Imlek kali ini, saya bisa memperkaya khasanah fesyen Indonesia yang tetap mengacu kepada warisan Nusantara,” tuturnya.

Dalam busana ini cara pemakaiannya mengikuti cara berpakaian wanita Cina yang bertumpuk, dari pakaian dalam, kimono dalam, busana dan ditutup dengan kimono luar.

“Caranya berbeda dengan Korea dan Jepang,” tegasnya. Embran meyakini, akulturasi busana ini akan memperkaya budaya berbusana di Indonesia.

Embran tak menepis, merancang busana Imlek dengan sentuhan batik Nusantara merupakan tantangan tersendiri baginya. “Apalagi untuk memadukannya (dengan motif Cina),” urainya.

Untuk cuttingnya, Embran menghadirkan beragam, ada yang model rok a line, kimono basic kemeja, dan baju bagian dalam. Semua dicampur dengan warna yang juga beragam.

“Memadukan unsur warna juga cukup menantang, karena saya buat tabrak warna sehingga tampilannya unik,” ujar Embran. dit

#chinesedollsstories #embrannawawi #tahunbaruimlek

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)