Tak Hanya untuk Senang-Senang, Thomas Bakal Bikin Almamater SMA Negeri 1 Jadi Kebanggaan, Ini Programnya

Keseruan para alumnus SMA Negeri 1 Surabaya di acara Gowes 1kasmasabaya.

iniSURABAYA.com – Suasana di pusat Kota Surabaya, Minggu (29/1/2023) semarak oleh warga yang menikmati suasana akhir pekan. Dan yang paling seru adalah iring-iringan sepeda peserta Gowes 1kasmasabaya.

Hampir 300 sepeda yang dinaiki para alumnus SMA Negeri 1 Surabaya beriringan mulai dari gerbang sekolah di Jl Wijaya Kusuma. Rombongan yang dikawal petugas kepolisian ini melalui Jl Kusumabangsa, Jl Kalianyar, Hotel Majapahit, Jl Gubernur Suryo, Jl Panglima Sudirman, Jl Raya Gubeng, dan kembali ke almamater di Jl Wijaya Kusuma.

Bacaan Lainnya

Tak berhenti di situ. Kegiatan berlanjut di area lapangan olahraga, seperti line dance, dan seru-seruan joged dengan iringan musik yang dimainkan oleh Shinta, alumnus Smasabaya tahun 1984 yang kondang sebagai disc jockey di era 2000an.

Di area yang sama, juga digelar aneka makanan dan minuman produk UMKM. Ada sekitar 15 stan produk UMKM di lapangan olahraga tersebut, mulai cemilan, aneka minuman herbal, dan juga makanan khas Surabaya seperti lontong balap dan sate.

“UMKM ini semuanya para alumnus. Kami ajak mereka ikut memajang produknya di sini, sehingga dapat dinikmati bersama,” ungkap Thomas Setiabudi Aden, Ketua Umum Ikasmasabaya periode 2022-2025.

Menurut Thomas, Gowes 1kasmasabaya merupakan kegiatan besar pertama pasca pelantikan pengurus Ikasmasabaya periode 2022-2025 di SMAN 1 Surabaya, Sabtu (14/1/2023).

“Gowes ini untuk menunjukkan kekeluargaan sesama alumnus. Juga supaya ada kebanggaan, dan kontribusi buat UMKM,” paparnya.

Thomas yang sehari-harinya adalah Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR RI ini menegaskan, anggota Ikasmasabaya tidak dikenakan iuran. “Kegiatan ini, dan juga kegiatan-kegiatan lainnya nanti didukung sponsor. Seperti hari ini, banyak sponsor mendukung Gowes 1kasmasabaya,” tandasnya.

Disinggung soal program Ikasmasabaya, Thomas mengatakan, segera merealisasikan beberapa program, di antaranya memberikan kontribusi baik kepada sesama alumni ataupun pada lingkungan sekolahnya dulu.

Diantara program yang bakal diwujudkan pengurus Ikasmasabaya periode 2022-2025 adalah peningkatan kompetensi alumni, pemberdayaan UMKM, dan beasiswa.

DJ Shinta beraksi di depan para alumnus Smasabaya.

“Intinya program kami bukan cuma senang-senang. Kami akan buat SMAN 1 ini jadi kebanggaan untuk alumninya,” ucap Thomas.

Diakui Thomas, kontribusi tersebut merupakan bagian dari program pokok 4T Ikasmasabaya, yaitu Toto, Titi, Tandur dan Tukul. Untuk memaksimalkan keanggotaan alumni SMAN 1 Surabaya, maka pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pendataan jumlah seluruh alumnus.

“Pertama, kami akan buat database dan website untuk organisasi. Kemudian, kedua kami akan memberikan kontribusi kepada sekolah dan kepada alumni. Yang ketiga, kami akan tumbuh bersama. Kami coba membuat sekretariat dalam jangka menengah yang kebetulan kami dapat dari sekolah. Bukan dapat tanah, kami dapat ruangan untuk dijadikan sekretariat ikatan alumni,” imbuhnya. ap

Pos terkait