NET Gelar Literasi Media Penyiaran, Rektor UPN Veteran Jakarta: Tidak Cukup Bisa Bicara dalam Kelas

NET menggelar agenda literasi media di UPN Veteran Jakarta.

iniSURABAYA.com – Lembaga penyiaran nasional NET bekerjasama dengan Kopi Kenangan dan UPN Veteran Jakarta menggelar kegiatan literasi media penyiaran dan media digital bertajuk NET Goes to Campus.

Lebih dari 300 mahasiswa UPN Veteran Jakarta mengikuti kegiatan yang digelar untuk memberikan pengetahuan dan penambahan wawasan mahasiswa dalam mengembangkan konten kreatif di media dan pola konsumsi media penyiaran secara positif.

Peserta literasi media ini terlibat aktif melakukan aktivitas pembuatan konten kreatif di media digital. “Kerja sama seperti ini tentunya sangat mengedukasi mahasiswa-mahasiswi kami,” ungkap Dr Anter Venus MA Comm, Rektor UPN Veteran Jakarta.

Karena itu pula, Anter Venus menyambut positif kegiatan NET Goes to Campus yang di periode tahun 2023 ini untuk pertama kalinya digelar di kampus tersebut.

Dia berharap mahasiswa-mahasiswi UPN Veteran Jakarta memiliki kapasitas dan jiwa kompetisi yang besar. “Tidak cukup hanya bisa bicara dalam kelas, namun harus bisa menguasai dunia kerja ke depan,” ujar Anter Venus saat membuka kegiatan tersebut, Jumat (24/2/2023).

Kegiatan literasi media penyiaran NET Goes to Campus kali ini menghadirkan Dwi Putri Rizkinanda, Senior Social Media Specialist NET, Dr Radita Gora Tayibnapis MM. dosen Ilmu Komunikasi, dan Juanarta Angga Wijaya, Assistant Brand Manager Kopi Kenangan yang membuka sessi pertama dengan tips dan trik mudah membuat konten kreatif pendek di media digital.

Setelah paparan pertama, peserta mendapatkan tugas untuk membuat konten kreatif secara berkelompok yang terdiri dari 2-3 mahasiswa. Sejumlah mahasiswa cukup aktif berkompetisi membuat konten Instagram (IG) Reels Challenge yang berhadiah total jutaan rupiah.

Di sessi kedua, peserta yang telah membuat konten kreatif, kembali ke kelas untuk melanjutkan kegiatan literasi media NET Goes to Campus tersebut. Olwin Pangaribuan, VP Digital NET, salah satu praktisi yang turut mengembangkan platform OTT Netverse menjumpai mahasiswa peserta untuk memberikan wawasan perkembangan industri penyiaran di era digital yang mengalami banyak perubahan, termasuk pola konsumsi media di Indonesia.

Dilanjutkan Anggi Anandatiya, AVP of Production NET, yang berbagi tips berpikir kreatif membangun konten yang menarik dan positif untuk penontonnya.

Nugroho Agung Prasetyo, AVP Brand Communications NET, menambahkan bahwa kegiatan NET Goes to Campus merupakan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) NET yang digelar untuk  memperluas pemahaman mahasiswa terkait perkembangan media penyiaran di era digital saat ini.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Kopi Kenangan yang dekat juga dengan anak muda, dan  antusiasme civitas akademi UPN Veteran Jakarta yang terlibat dalam kegiatan literasi media NET.  Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memperkuat kapasitas dan potensi mahasiswa di kampus agar kelak menjadi lulusan yang lebih kompetitif dimana pun berada,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Agung ini menandaskan, sejalan dengan teknologi dan komunikasi yang terus meningkat, dibutuhkan banyak pengetahuan dan wawasan luas yang mampu dipahami seluruh mahasiswa jaman sekarang.

“Kegiatan literasi media penyiaran ini akan digelar di empat kampus selama periode Februari hingga  Mei mendatang,” pungkas Agung. ana

Pos terkait