Rayakan Ulang Tahun ke-16 Mercure Surabaya Grand Mirama, Chef Zakaria Siapkan Kue Lapis Setinggi 1,6 Meter, Seperti Ini Wujudnya

Andreas Riyadi, GM Mercure Surabaya Grand Mirama (kiri) memeriksa gunungan kue lapis yang akan dibagikan ke masyarakat.

iniSURABAYA.com – Ratusan kue lapis di ‘gunungan’ setinggi 1,6 meter yang disuguhkan dalam rangkaian peringatan ulang tahun ke-16 Mercure Surabaya Grand Mirama ludes hanya dalam waktu kurang dari lima menit.

Kue lapis yang dipajang di kerangka berbentuk tumpeng itu diserbu warga masyarakat yang sebelumnya larut dalam keseruan senam zumba di area parkir hotel bintang 4 di pusat Kota Surabaya tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurut Zakaria, pastry chef Mercure Surabaya Grand Mirama, persiapan membuat gunungan kue lapis itu sudah dilakukan sejak seminggu lalu. “Bagian tersulitnya adalah mempersiapkan kerangka dari besi yang kemudian dilapisi styrofoam. Selanjutnya dibungkus alumunium foil supaya hygiene lalu ditutup daun pisang untuk menonjolkan kesan tradisionalnya,” urainya.

Diakui Chef Zakaria, untuk proses pembuatan kerangka besi tersebut perlu koordinasi dengan departemen lain. “Setelah kerangka selesai, lainnya kami bikin sendiri,” ujarnya.

Tahapan akhirnya adalah menyiapkan kue lapisnya. “Yang bisa tahan lama dikerjakan duluan lalu disimpan di kulkas.. Sedang yang gak bisa tahan lama dan cepat basi bikin dibuatnya mendadak semalam,” imbuhnya.

Untuk membuat ratusan kue lapis itu diperlukan 10 kg tepung terigu, 5 kg tepung beras, dan singkong parut 10 kg. Dia menambahkan, ada sembilan jenis kue lapis yang menghiasi kerangka berbentuk tumpeng itu.

“Diantaranya yaitu Lapis Surabaya, lapis singkong, mataroda, dan juga kue putu ayu yang dibuat berlapis,” bebernya.

Bagian lain yang tak kalah rumit, kata Chef Zakaria, adalah saat menempelkan kue lapis agar tidak jatuh. “Walau sudah ditusuk, masih ada kemungkinan jatuh,” cetusnya.

Caranya, lanjut Chef Zakaria, adalah menempatkan daun sebagai hiasan sekaligus penahan kue lapis yang ditempel berjajar tersebut. Selain itu, di beberapa bagian juga diberi penyangga dari styrofoam.

Mengenai pemilihan kue lapis sebagai sajian yang kemudian dibagikan gratis bagi warga yang hadir di momen spesial tersebut, Diane Laurentia, Marcom & Senior MICE Manager menyatakan bahwa kue Lapis ini melambangkan harapan agar diberikan kesuksesan yang berlapis-lapis.

“Kami juga berharap kerjasama heratists akan semakin solid sehingga Mercure Surabaya Grand Mirama menjadi terdepan kelaknya. Sedangkan tinggi 1.6 meter ini melambangkan bahwa Mercure Surabaya Grand Mirama merayakan ulang tahun ke-16,” tuturnya.

Sementara Andreas Riyadi, General Manager Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama mengungkapkan rasa syukur karena hotel yang bernaung di bawah bendera Accor itu bisa bertahan hingga 16 tahun.

Agar tetap bisa menarik perhatian tamu, Andreas menegaskan pihaknya terus menjaga kualitas layanan maupun produk. “Agar tetap disuka tamu, kami sudah merencanakan untuk renovasi hampir di seluruh bagian, mulai restoran, meeting room, lobi, kamar. Semua kami benahi secara bertahap,” tandasnya. ap

Pos terkait