Pedagang Pasar Turi Baru Sepakat Buka Seluruh Stan Mulai 1 April, Eri Cahyadi Minta Parkir Digratiskan

Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya saat audiensi dengan perwakilan pedagang Pasar Turi Baru.

iniSURABAYA.com – Manajemen Pasar Turi Baru dan pedagang Pasar Turi Baru mencapai kata sepakat bahwa seluruh stan bakal dibuka seluruhnya pada 1 April mendatang.

Keputusan tersebut diperoleh dalam audiensi bersama perwakilan pedagang, manajemen Pasar Turi Baru dan Pemkot Surabaya yang berlangsung di ruang sidang Wali Kota Surabaya, Jumat (24/3/2023).

Bacaan Lainnya

Merespons kesepakatan tersebut, Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya menegaskan pihaknya siap mendukung penuh dan memfasilitasi rencana pembukaan seluruh stan pedagang Pasar Turi Baru pada 1 April 2023.

Pria yang akrab disapa Cak Eri ini menandaskan, ketika seluruh stan pedagang Pasar Turi Baru dibuka, maka hal itu akan memantik lebih banyak pengunjung datang.

“Kalau (stan) Pasar Turi ini semuanya buka, orang banyak pilihan, maka (orang) akan datang itu nyaman. Tapi kalau masih banyak (stan) yang tutup, ya tidak mungkin wong teko (orang datang),” kata Eri Cahyadi.

Selain membuka seluruh stan pedagang, Cak Eri juga menyarankan manajemen untuk menggratiskan sementara biaya parkir di Pasar Turi Baru. Upaya tersebut, merupakan bagian dari strategi promosi untuk memantik pengunjung datang ke Pasar Turi Baru.

“Masih kita rembuk juga dengan teman-teman manajemen, maka dalam satu minggu ke depan setelah tanggal 1 April 2023, parkir digratiskan sehingga banyak orang yang hadir,” ujarnya.

Cak Eri juga memastikan, bahwa even-even Pemkot Surabaya akan diletakkan di Pasar Turi Baru. Ini diharapkan dapat pula menarik orang datang selama bulan Ramadan hingga IdulFitri.

“Sehingga akan menarik orang untuk datang sampai Hari Raya Idul Fitri,” tegas Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini.

Cak Eri mengungkapkan, sebagai upaya untuk meramaikan Pasar Turi Baru, maka tidak semua penjual yang membuka stan pada 1 April 2023 adalah pedagang skala besar atau grosir. Setelah IdulFitri, pedagang dengan jumlah besar atau grosir kembali menempati stan di Pasar Turi Baru.

“Jadi hari ini kita sepakat bahwa tanggal 1 April 2023 semua stan dibuka. Yang kedua, kalau masih ada permasalahan service charge dan macam-macam, silakan mengajukan secara pribadi kepada manajemen pengelola, bukan digebyah-uyah (disamaratakan). Jadi permasalahan satu orang, tidak untuk semua orang,” urainya.

Cak Eri mengaku terharu, karena dalam audiensi hari ini sejumlah pedagang menawarkan stan kosong yang mereka miliki untuk ditempati sementara oleh pelaku UMKM. Sebab, sebagian dari mereka memiliki stand di Pasar Turi Baru lebih dari satu.

“Matur nuwun (terima kasih) untuk seluruh pedagang Pasar Turi. Ayo waktunya kita bangkit, hilangkan rasa persaingan di antara sesame. Hilangkan rasa saya paling hebat, ayo dibuka dulu, kalau ada masalah lainnya ajukan, tapi jangan tidak membuka karena semuanya jadi rugi, ayo dibuka,” sambungnya.

900 Stan Sudah Buka
Di waktu yang sama, Teddy Supriyadi, General Manager (GM) Pasar Turi Baru mengatakan, bahwa saat ini ada sebanyak 900 stan yang sudah dibuka dari jumlah seluruhnya 4.500 stan. Artinya, secara persentase sekitar 15 persen stan telah beroperasi di Pasar Turi Baru.

“Tetapi memang ada perkembangan dari mulai awal buka sampai sekarang. Termasuk juga pertumbuhan terhadap kunjungan, sekarang ini rata-rata kunjungan satu bulan mencapai sekitar 90 ribu pengunjung,” kata Teddy.

Pihaknya juga memastikan bahwa manajemen akan terus berupaya meramaikan Pasar Turi Baru. Salah satunya dengan menggelar even-even untuk memantik pengunjung datang.

“Termasuk juga program-program seperti bazar, bazar Ramadan, even-even dan agenda-agenda seusai kalender even yang kami siapkan setiap bulan,” tandasnya. wid

Pos terkait