Terlahir Kembali Lewat Raski, Coba Kembalikan Potongan Puzzle yang Sempat Tersebar di Single ‘When You Smile’

Personel Raski

iniSURABAYA.com – Perjalanan Rasvan di industri musik berawal pada tahun 2012. Dan di tahun 2015 berkolaborasi dengan Aoki sebagai vokalis, keduanya di bawah moniker ‘Rasvan Aoki’. Band ini menghasilkan album yang menuai pujian, ‘Tyaga’, pada tahun 2018.

Kelar bersama Aoki, Rasvan melanjutkan proyek bersama Kikoo dan melahirkan ‘Can We Talk?’, sebuah kolaborasi dengan Alfred The Alien via DoggyHouse Records yang berhasil masuk nominasi AMI Awards 2021.

Bacaan Lainnya

Setelah semua perubahan yang terjadi, Rasvan kini terlahir kembali dengan nama Raski. Dengan Abink (vokal), Ferry (keyboard), dan Rasvan (gitar), Raski mencoba mengembalikan potongan puzzle yang sempat tersebar.

Menyegarkan seperti biasa, menyejukkan dan menenangkan, Raski dengan formasi baru ini siap menjangkau lebih tinggi dan mengakar lebih dalam. Bersama formasi baru ini, Raski merilis single ‘When You Smile’.

Menyembuhkan, menyejukkan, dan menimbulkan rasa nostalgia, ‘When You Smile’ adalah semangkuk sajian yang menenangkan, menggabungkan rock steady dan reggae, dengan sentuhan soul.

Dengan suara lembut nan jazzy dari Abink, yang terdengar seperti penyanyi jazz tahun 80-an, sound gitar yang smooth dari Rasvan, dan nada-nada keyboard milik Ferry yang melengkapi komposisi, lagu ini adalah anthem bagi sepasang kekasih untuk menyatakan cinta mereka di musim apa pun, kapan saja.

Lagu ini terinspirasi dari interaksi dua arah dari dua individu yang terlibat dalam hubungan romantis, yaitu satu perspektif diceritakan melalui lirik lagu. Sifat apa yang kamu cari dari seorang kekasih?

“Senyuman, sesederhana itu, senyuman dapat menghilangkan tekanan di bahu kita,” ungkap Rasvan.

‘When You Smile’ paling enak didengarkan dalam suasana tenang, mungkin di teras rumah, meskipun itu juga terbuka untuk kemungkinan mencoba menemukan kedamaian dan kehangatan di kota yang bergerak cepat.

Raski juga berharap dapat menyampaikan kepada khalayak dan siapapun yang mendengarkan lagu tersebut bahwa senyuman mereka sangat berarti, bahwa apapun masalah yang muncul, mereka akan selalu bisa melewatinya.

“‘When You Smile’ adalah pengingat lembut untuk hari-hari sulit itu,” tutur Rasvan.

Perilisan single ini diharapkan akan melambungkan kembali nama band yang mengusung reggae, R&B, dan soul ini. “‘When You Smile’ hanyalah awal dari jalan baru. Dan ini adalah pemanasan untuk album kami yang rencananya dirilis tahun 2023,” imbuhnya.

Single ini akan diikuti project remix yang sangat dinantikan bersama produser rekaman dari New York, Victor Rice. Victor Rice sendiri dikenal sebagai figur utama di skena ska New York yang memulai kariernya saat gelombang ketiga musik ska di tahun 80-an bersama Scofflaws, Stubborn All-Stars & New York Ska Jazz Ensemble serta Moon Ska Records.

Single ‘When You Smile’ resmi beredar di kanal digital stores (Spotify, TikTok, iTunes, Apple Music, Joox dll) mulai 31 Maret 2023 via DoggyHouse Records. wid

Pos terkait