Ajak Belajar Merelakan di Single ‘Perlahan Lepaskanmu’, Raissa : Kita Harus Bisa Move On Walaupun Hati Masih Sakit

Raissa Ramadhani

iniSURABAYA.com – Mendapat sambutan positif saat merilis ‘Berpisah Lebih Indah’, Raissa Ramadhani kembali lagi dengan karya kedua, ‘Perlahan Lepaskanmu’.

Senada dengan sebelumnya, single yang dirilis di bawah naungan label Sony Music Entertainment Indonesia ini pun kembali mengangkat tema mengenai perpisahan.

Jika lagu pertama bercerita tentang seorang gadis yang memutuskan menjauh dari kekasihnya karena orang ketiga, kali ini, single gubahan Clara Riva ini mengisahkan seseorang yang memutuskan berpisah dari sang kekasih karena menemukan orang yang lebih bisa menghargai dirinya.

“Sebenarnya, cewek ini masih sayang dan berharap si cowok akan berubah. Tetapi, dia tahu, bahwa cowok ini tidak akan pernah bisa kembali lagi seperti dulu sehingga si cewek memutuskan terus melangkah. Dan pada akhirnya, menemukan orang yang lebih menghargai dan menganggap dirinya berarti,” tuturnya.

Raissa mengakui sangat senang bekerja sama dengan Clara karena bisa diajak berdiskusi mengenai single ini. “Dari pertama kenalan dan membahas lagu ini, Clara open banget untuk membedahnya bersama-sama,” ungkap penyanyi kelahiran 5 Desember 2000 ini.

Bahkan, lanjut Raissa, saat rekaman Clara juga membantu mengisi suara latar. “Ini membuatku jadi lebih memahami makna yang ingin disampaikan dan lebih bisa menjiwai lagunya,” urainya.

Pemilihan ‘Perlahan Lepaskanmu’ sebagai single kedua bukan tanpa alasan. Raissa langsung jatuh cinta dengan melodi dan liriknya yang mengingatkan ia dengan ‘Berpisah Lebih Indah’.

“Entah kenapa aku langsung teringat dengan single pertamaku saat mendengar lagu ini, seperti nyambung dengan tema di lagu sebelumnya. Itulah ‘cerita’ yang aku rasakan. Setelah berpisah, kita harus move on ke hubungan yang baru walaupun hati kita masih terasa sakit,” paparnya.

Raisa menyatakan,”Saat kita putus dari hubungan yang lumayan lama dengan satu orang, pasti rasanya aneh ketika berkenalan lagi dengan orang baru. Seperti ada perasaan bersalah, padahal hubungan sebelumnya sudah selesai. Itu yang aku rasakan.”

Kembali dibantu Irvan Natadiningrat, atau yang akrab disapa Irvnat, di bagian vocal director, Raissa merasakan ada sedikit perubahan dibandingkan single pertamanya. “Di single ini, aku diminta Om Irvnat untuk bernyanyi lebih lepas dan berani. Beliau ingin aku keluar dari zona nyaman dan bereksperimen dengan suaraku. Hasilnya bisa kalian dengar di ‘Perlahan Lepaskanmu’ ini. Semoga kalian suka,” harapnya.

Meski sudah meluncurkan single pertama, namun proses rekaman single kedua ini tetap menghadirkan tantangan bagi Raissa. “Butuh sekitar dua bulan dari saat menerima lagu ini hingga akhirnya masuk dapur rekaman. Tantangan yang aku rasakan mungkin saat workshop karena kami harus menemukan tempo dan key yang pas untuk suaraku. Akhirnya, dibuatlah beberapa versi untuk aku coba dan ditentukan saat rekaman,” imbuhnya.

Setelah merilis single kedua, tentu cita-cita Raissa tidak berhenti sampai di sini. Masih banyak yang ingin ia capai. “Aku memang masih terhitung baru di dunia industri musik dan masih ada segunung impian yang ingin aku wujudkan. Misalnya, punya puluhan juta stream, manggung di festival besar, hingga tur manggung sambil jalan-jalan. Doakan saja semoga semua itu bisa terwujud,” pungkasnya. ana

Pos terkait