Disaksikan 3 Menteri, Kontestan Asal Sidoarjo Ini Sukses Raih Juara 1 ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’

Dinar Aulia Putri Raih Juara 1 Kategori Qari’ah Qari Cilik Indonesia Season 2.

iniSURABAYA.com – Ajang pencarian bakat ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’ dalam membawakan tilawah Al-Qur’an tingkat anak-anak yang diselenggarakan sejak bulan Februari lalu, kini memasuki puncak kompetisi.

Grand Final ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’ yang ditayangkan di SCTV Minggu (16/4/2023) pukul 12.00 WIB, menampilkan empat finalis yakni, Dinar Aulia Putri (Sidoarjo), Intan Affiyah (Medan), Abdullah Azzam Al Hakim (Jombang), dan M Rizki Al-Fadhil (Pandeglang).

Bacaan Lainnya

Keempatnya kembali melantunkan maqam ayat suci Al-Quran terbaik mereka serta challenge battle sambung ayat di depan dewan juri yang terdiri dari Ustaz Sofyan Hadi Musa, Ustaz Subkhi Al Bughury, dan Ustazah Mastia Lestaluhu.

Makhraj, fashahah, tajwid, lagu dan suara, serta faktor ‘x’ menjadi poin penilaian juri. Hasil total penilaian juri akhirnya membawa Fadhil dan Dinar sebagai Juara 1 masing-masing untuk kategori Qari dan Qari’ah ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’.

Sementara Azzam dan Intan meraih Juara 2 untuk kategori Qari dan Qariah. Grand Final ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’ juga dihadiri sejumlah tokoh nasional di antaranya, Dr H Erick Thohir BA MBA (Menteri Badan Usaha Milik Negara), DR (HC) Zulkifli Hasan SE MM (Menteri Perdagangan), dan Dr H Zainut Tauhid Sa’adi MSi (Wakil Menteri Agama).

Dipandu oleh host Gilang Dirga dan David Rizal, panggung ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’ juga dimeriahkan penampilan band Ungu, Fatin Shidqia, serta Marawis El Fath Junior.

Fadhil berhasil menjadi Juara 1 kategori Qari dengan Perolehan Total Nilai Dewan Juri sebesar 282 Poin.

Tampil sebagai pembuka, Dinar Aulia Putri menggunakan maqam bayyati & jiharkah berdasarkan Surah dan Ayat Al-Qur’an yang dipilihkan oleh dewan juri yaitu QS Al-Baqarah: 130-132.

Meskipun dalam kondisi kurang sehat, Dinar tetap berusaha tampil maksimal. Ustazah Mastia Lestaluhu memberikan pujian mengenai suara Dinar yang powerfull dan keren. Adapun masukan dari Ustaz Sofyan Hadi Musa mengenai pelafalan tajwid yang harus lebih hati-hati serta minimalkan logat.

Perjalanan Grand Final ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’ berlanjut ke lantunan ayat suci QS Al-A’raf: 48-50 yang dibawakan Intan Affiyah dengan maqam bayati dan hijaz. Intan berhasil mencuri perhatian ketiga dewan juri dengan cengkok dan suara emasnya.

“Saya sangat bangga dengan kemampuan Intan. Saya juga berterima kasih kepada orangtua Intan yang telah mendidik dengan luar biasa ini,” ujar Menteri Zulkifli Hasan.

Selain tampil secara individu, finalis kategori Qari’ah juga ditantang untuk battle sambung ayat dengan Surah dan Ayat Al-Quran yang ditentukan oleh dewan juri. Dinar Aulia Putri dan Intan Affiyah mendapatkan QS Al-Hasyr: 21-22 dengan maqam hijaz.

Dinar memulainya yang kemudian dilanjutkan oleh Intan. Ustazah Mastia Lestaluhu yang hadir sebagai dewan juri pun memberikan pujiannya,“Battle yang spektakuler dan saling melengkapi, enak sekali didengar”.

Abdullah Azzam Al Hakim tampil sebagai peserta ketiga pada Grand Final ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’. Azzam melantunkan Q.S Ali Imran: 102-104 dengan maqam hijaz, nahawand, dan rost.

Ustaz Subkhi Al Bughury memberikan pujian kepada penampilan pembuka kategori Qari yang sangat bagus. Peserta yang tampil terakhir yaitu M. Rizki Al-Fadhil yang membawakan lantunan QS Ali Imran: 152 dengan maqam hijaz dan nahawand.

Fadhil sukses mencuri perhatian seluruh dewan juri dengan pencapaian nada tertinggi dalam lantunannya. “Suara Rizki bagus sekali, tambah banyak berguru dengan para ustaz dan ustazah agar semakin matang,” tutur Zainut Tauhid Sa’adi, Wakil Menteri Agama.

Kedua finalis terakhir ini juga ditantang untuk battle sambung ayat. Azzam dan Fadhil mendapatkan QS Al-Isra: 9-10 dengan maqam nahawand. Keduanya sukses melakukannya dengan baik, akan tetapi terdapat sedikiti catatan agar lebih kompak lagi.

Panggung Grand Final ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’ dimeriahkan oleh penampilan musik religi. Salah satunya yaitu aksi group band Ungu yang membawakan lagu andalan ‘Para Pencari-Mu’.

Selain itu, Fathin Shidqia juga membawakan beberapa lagu dengan suara khasnya. Adapun penampilan dari Marawis El Fath Junior yang menambah keseruan Grand Final ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’.

Perjalanan panjang Grand Final ‘Qari Cilik Indonesia Season 2’ akhirnya mencapai sesi perolehan juara. Prosesi pengumuman juara terbagi menjadi dua yaitu, kategori Qari dan Qariah.

Hasil perolehan poin dari dewan juri teratas jatuh kepada M Rizki Al-Fadhil kategori Qari dan Dinar Aulia Putri kategori Qari’ah dengan masing-masing sebanyak 282 dan 294 poin. Disusul dengan perolehan 279 poin yang diraih Abdullah Azzam Al Hakim kategori Qari, serta 285 poin untuk Intan Affiyah kategori Qari’ah.

Keluar sebagai pemenang, Fadhil dan Dinar berhak mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp 45 juta dan piagam yang diserahkan langsung oleh Zainut Tauhid Sa’adi.

Sedangkan Azzam dan Intan sebagai juara 2 mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp 25 juta dan piagam yang diserahkan langsung oleh para dewan juri yakni, Ustaz Sofyan Hadi Musa dan Ustazah Mastia Lestaluhu.

Erick Thohir turut serta menambahkan hadiah berupa uang masing-masing Rp 15 juta untuk juara 1, dan Rp 10 juta masing-masing untuk juara 2. ana

Pos terkait