Hadapi Lonjakan Penumpang Musim Liburan dan Lebaran, Awak Kabin Lion Air Group Jalani Pelatihan Ketat

Pelatihan awak kabin Lion Air Group.

iniSURABAYA.com – Lion Air Group sudah menyelesaikan penambahan jadwal pelatihan bagi awak kabin khusus mempersiapkan musim ramai liburan dan Lebaran 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Angkasa Training Center –Lion Air Group Training Center di Balaraja, Tangerang secara berjadwal mulai November 2022 hingga Maret 2023.

Program penambahan jadwal pelatihan awak kabin sangat penting bertepatan musim ramai Lebaran dan liburan karena mereka merupakan orang yang bertanggung jawab atas keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan (safety officer).

Bacaan Lainnya

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group menyatakan bahwa Lion Air Group adaptif terhadap musim liburan dan Lebaran, biasanya merupakan waktu jumlah penumpang meningkat drastis, sehingga memerlukan tenaga kerja yang terlatih dan siap bertugas.

Lion Air Group melakukan berbagai hal guna meningkatkan kualitas layanan awak kabin menghadapi musim ramai liburan dan Lebaran 2023.

  1. Menyediakan pelatihan khusus bagi awak kabin yang akan bertugas selama musim liburan dan Lebaran. Pelatihan ini dapat mencakup pengembangan keterampilan pelayanan pelanggan, manajemen waktu, manajemen stres, manajemen konflik dan pengembangan keterampilan komunikasi.
  2. Menambah jumlah awak kabin selama musim liburan dan Lebaran untuk mengurangi beban kerja dan memastikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien.
  3. Pengecekan kesehatan bagi awak kabin merupakan hal yang sangat penting dalam mempersiapkan musim ramai Lebaran dan liburan. Sebelum bertugas, awak kabin harus menjalani pemeriksaan kesehatan yang ketat untuk memastikan mereka dalam kondisi yang baik dan siap (sehat) untuk bertugas.
  4. Membuat protokol khusus untuk menangani potensi situasi darurat dan konflik yang mungkin terjadi selama musim liburan dan Lebaran. Protokol ini dapat membantu awak kabin merespons situasi dengan cepat dan efektif, sehingga penumpang merasa aman dan nyaman.

Program pelatihan awak kabin yang disiapkan menghadapi musim ramai Lebaran dan liburan mencakup berbagai aspek yang berhubungan dengan pelayanan pelanggan, keselamatan dan keamanan penerbangan.

Fokus utama meliputi :

  • Cara berkomunikasi kepada pelanggan yang sopan, ramah, dan membantu. Awak kabin harus dapat memahami berbagai kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta memberikan solusi yang tepat.
  • Pelatihan keselamatan dan keamanan penerbangan sangat penting untuk menjamin keselamatan semua penumpang dan awak kabin. Awak kabin harus dilatih untuk mengenali dan menangani situasi darurat, tanggap terhadap situasi tidak terduga, penanganan penumpang berkebutuhan khusus serta menjalankan prosedur keselamatan penerbangan dengan benar.
  • Awak kabin harus dilatih untuk mengatasi situasi konflik dengan tenang dan terampil, sehingga penumpang dapat merasa dihargai dan merasa puas. Selama musim ramai Lebaran dan liburan, penumpang kemungkinan mengalami ketidaknyamanan atau stres yang dapat menyebabkan konflik.
  • Penting bagi awak kabin untuk menguasai dan memahami bahasa asing dan bahasa daerah yang digunakan sesuai kota tujuan. Pelatihan bahasa asing dapat membantu awak kabin berkomunikasi dengan penumpang secara lebih efektif.
  • Pelatihan termasuk perilaku dan tampilan yang baik dari awak kabin, yang mencerminkan profesionalisme dan kesopanan. Awak kabin harus memahami bahwa mereka adalah wakil dari maskapai, dan harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh maskapai.

Pelatihan terstruktur dan komprehensif akan membantu meningkatkan kemampuan interpersonal awak kabin, sehingga dapat menjalin hubungan yang baik dengan penumpang dan rekan kerja lainnya. ana

Pos terkait