Berdayakan Indonesia dengan AI, Indosat Group Gandeng NVIDIA Ciptakan Infrastruktur AI Berdaulat

Indosat Group berkolaborasi dengan NVIDIA membentuk lanskap teknologi sehingga mendorong Indonesia ke barisan terdepan revolusi AI pada skala global, memasuki tahapan baru era inovasi dan digitalisasi.

iniSURABAYA.com | BARCELONA – Indosat Ooredoo Hutchison bersama NVIDIA mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas Artificial Intelligence (AI) Cloud tingkat global, menuju era baru inovasi dan digitalisasi.

Dengan menjadikan NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di Indonesia, Lintasarta –anak usaha Indosat, akan menghadirkan platform AI full-stack NVIDIA bagi pelaku bisnis di Tanah Air.

Bacaan Lainnya

Platform ini juga memberikan akses ke teknologi GPU termutakhir dari NVIDIA dengan pusat data high-density yang terkoneksi dengan internet publik dengan kecepatan hingga 400 Gbps.

Nantinya, layanan AI Cloud milik Indosat dan Lintasarta yang didukung NVIDIA akan mengembangkan pusat data generasi baru yang berkelanjutan, hyper-connected dan dilengkapi kecerdasan buatan.

GPU-as-a-Service (Deka GPU) milik Lintasarta menyediakan akses ke kemampuan AI/Machine Learning paling mumpuni yang didesain khusus untuk pekerjaan komputasi berat, termasuk penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan bare metal.

Kapabilitas ini akan memastikan layanan supercomputing cloud yang andal, serta memanfaatkan AI untuk menciptakan inovasi bagi penggunanya.

Saat ini, superkomputer AI adalah infrastruktur penting, dan kolaborasi ini akan menjadi fondasi kuat bagi perjalanan memberdayakan Indonesia menjadi bangsa yang cakap AI.

Indosat Ooredoo Hutchison group akan memanfaatkan pusat datanya untuk mewujudkan platform AI yang berdaulat dalam mendorong inovasi lintas ekosistem.

Beragam institusi, baik pemerintah, swasta, maupun startup dapat mengakses platform AI Cloud yang canggih, termasuk infrastruktur, piranti, dan juga perangkat lunak.

“Hal ini menjadi katalis inovasi untuk meningkatkan produktivitas, optimalisasi proses, serta menekankan efisiensi operasional lintas industry,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison usai penandatanganan MoU di Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona.

Penandatanganan MoU tentang pembentukan lanskap teknologi Indonesia itu dilakukan Vikram Sinha dengan Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA.

Kolaborasi antar pihak ini diharapkan memosisikan Indonesia sebagai pemimpin AI Cloud global, membawa kemajuan teknologi dan inovasi. Dengan kemampuan AI dalam ekosistem cloud, Indosat Group diharapkan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, menghadirkan landasan kokoh bagi sektor digital yang terus berkembang.

Penerapan teknologi AI mutakhir ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sembari mengurangi biaya operasional lintas industri.

Menurut Vikram Sinha, kolaborasi ini menandai momentum penting bagi perjalanan Indonesia menuju bangsa digital global yang didukung kemampuan AI.

Teknologi ini nantinya diimplementasikan pada pusat data yang dioperasikan oleh BDx Indonesia, perusahaan patungan Indosat, Lintasarta, dan BDx Data Centers.

Sebagai technology powerhouse, Indosat bercita-cita menjadi salah satu penggerak utama dari demokratisasi digitalisasi di Tanah Air. Hal ini sejalan dengan komitmen jangka panjang kami untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia.

“Kolaborasi dengan NVIDIA akan memainkan peranan krusial dalam mencapai visi tersebut,” tegasnya.

Bayu Hanantasena, President Director and Chief Executive Officer Lintasarta, mengatakan antusiasmenya menyambut kerja sama dengan NVIDIA.

Kolaborasi ini juga akan memberdayakan Indonesia lewat teknologi AI dan layanan cloud termutakhir, mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, dan inovasi teknologi.

“Dengan menggabungkan keahlian Lintasarta dan kekuatan NVIDIA, kami siap merevolusi lanskap digital Indonesia, memimpin jalannya inovasi, dan menciptakan masa depan digital yang berkelanjutan melalui implementasi teknologi tinggi di sektor pusat data,” ujar Bayu.

Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA, mengatakan bahwa Indosat Group melalui Lintasarta sedang memperluas peranannya di Indonesia untuk menyediakan infrastruktur AI yang penting dan berdaulat.

Sebagai bagian dari kolaborasi, Lintasarta akan menjadi mitra cloud NVIDIA, menawarkan layanan AI Cloud yang berskala dan berkinerja tinggi mengikuti arsitektur sesuai referensi NVIDIA untuk membantu mendorong Indonesia ke garis depan komunitas AI Cloud global.

Melalui kolaborasi ini, Indosat Group menempatkan dirinya sebagai pusat ekosistem digital yang komprehensif yang mencakup saluran, konektivitas, pusat data, dan sistem pembayaran, sehingga mendorong evolusi digital bangsa seraya memanfaatkan teknologi mutakhir dalam perjalanan transformasi digitalnya.

Gabungan keahlian dari para pemimpin industri ini untuk membentuk lanskap teknologi Indonesia, membuka jalan bagi masa depan yang sejahtera dan berdaya secara digital. riz

Pos terkait