Dunia Musik Tak Memberi Jaminan Masa Depan? Begini Komentar Para Musisi Muda Surabaya

986 views

Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Heather Variava di acara Digital Music Workshop di Konsul Jenderal Amerika Serikat, Rabu (14/3).

iniSURABAYA – Menggeluti profesi sebagai musisi memang tidak ada jaminan hidup seperti menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Namun, bukan berarti profesi di dunia seni ini tidak bisa menjadi tumpangan hidup.

Menurut Dinar Primasti, seseorang bisa eksis berkarya dan menghasilkan rupiah dari musik. “Itu semua tergantung dari kemampuan kita memanfaatkan skill yang dimiliki untuk dikembangkan dan ditonjolkan dalam bermusik,“ kata pengajar piano yang juga komposer ini, Rabu (14/3).

Hadir di acara Digital Music Workshop yang diselenggarakan di Konsulat Jendral Amerika Serikat di Surabaya, Dinar menambahkan, agar punya daya saing maka sebaiknya seseorang tidak membatasi diri pada satu jenis musik.

Perempuan asal Malang ini kemudian menunjuk dirinya sebagai contoh. Meski awalnya hanya menguasai permainan piano, tetapi dalam perjalanannya di dunia musik dia kemudian belajar olah vokal.

“Pengajar vokal sekarang sudah sangat banyak, begitu pula guru piano. Tetapi yang bisa menguasai semua jenis musik itu yang masih jarang. Jadi lihatlah peluang yang ada,” tandas lulusan Universitas Airlangga Jurusan Komunikasi ini.

Acara yang diselenggarakan untuk memeringati Women History Month ini juga menghadirkan musisi muda Celine dan Nadya, serta Hamidah jebolan The Voice Kids Indonesia. Dalam kesempatan itu, keempat musisi muda berbakat ini menandaskan bahwa dunia musik tidak lagi didominasi kaum pria.

Para wanita pun makin banyak yang bermain musik dan menjadikan dunia musik menjadi lahan kehidupan. “Karir di dunia musik? Kenapa nggak?” begitu cetus Celine yang diamini Nadya.

Di tempat yang sama, Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Heather Variava melihat fenomena yang terjadi di industri musik ini sebagai hal positif. “Dan melalui kegiatan ini, bisa memberi motivasi pada para wanita untuk maju dan ambil bagian di dunia musik,” ujarnya. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)