Tengkleng Kurma, Sajian Istimewa Kemangi Restoran Pembangkit Stamina Sehabis Puasa

1119 views

iniSURABAYA – Kurma memang dikenal banyak khasiat positif bagi tubuh. Itu pula alasan Ervin Triana, Chef Hotel Santika Pandegiling Surabaya meracik menu gres Tengkleng Kurma yang dimakan dengan lontong kurma.

Menurut Chef Ervin, selain mengandung kadar protein tinggi, kurma juga mengandung mineral dan sejumlah vitamin seperti vitamin A, B, dan C yang juga cukup tinggi. “Karena itu, bagi yang puasa, kurma bisa bermanfaat mengembalikan stamina setelah seharian puasa. Energi bisa pulih kembali,” cetus Chef Ervin.

Untuk membuat menu Tengkleng Kurma plus Lontong Kurma ini bahan yang diperlukan adalah bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, ketumbar, jinten, kurma sebagai pengganti gula pasir, dan lada. Selain itu, juga kapulaga, anistar (peka), kayu manis, dan kunir.

Cara memasaknya, bumbu yang pertama dihaluskan lalu ditumis bersama sere dan daun jeruk yang sudah dipanaskan terlebih dulu sehingga menimbulkan aroma segar.  Berikutnya adalah memasukkan bumbu kedua (kapulaga, peka, kayu manis, dan kunir).

Untuk menyajikan Tengkleng Kurma ini menggunakan sumsum kaki sapi, bukan kaki kambing. “Pengolahan daging sapi lebih mudah ketimbang kambing. Aroma kaki sapi pun tidak terlalu menyengat seperti kaki kambing,” tutur Chef Ervin.

Tetapi, agar jadi empuk dan siap diramu dengan bumbu sebelumnya kaki sapi ini direbus selama tiga jam. “Tergantung besar kecilnya tulang sumsum yang dimasak. Makin besar tentu diperlukan waktu makin lama sebelum siap dicampur bumbu,” bebernya.

Saat akan disajikan, lanjut Chef Ervin, racikan bumbu yang sudah dicampur tulang sumsum kaki sapi itu terlebih dulu ditambahkan santan dan cabe kecil secara utuh. “Penambahan kurma di menu ini untuk mengganti gula pasir sehingga masakan ini aman bagi mereka yang menderita diabetes,” katanya.

Sedang untuk mempersiapkan lontong kurma, kurma dicincang lebih dulu kemudian dicampur beras dan direbus selama 4-5 jam. “Rasa masakan ini gurih karena rebusan air ditambah garam. Rasa manis dari menu ini diperoleh dari kurma,” ungkap Chef Ervin.

Sebagai pendamping Tengkleng Kurma plus Lontong Kurma adalah minuman Jus Bit Kurma. “Buah bit dan kurma sama-sama mengandung gizi yang sangat bagus buat tubuh, khususnya mereka yang puasa,” ucapnya.

Untuk menikmati menu spesial Tengkleng Kurma plus Lontong Kurma ini pengunjung Kemangi Restoran di Hotel Santika Pandegiling Surabaya dipatok harga sebesar Rp 75.000++. Sedang minuman Jus Bit Kurma dibanderol Rp 38.000++.

Menu istimewa Tengkleng Kurma plus Lontong Kurma ini bisa dipesan setiap hari di luar paket buffet yang tersaji di Kemangi Restoran. Untuk sajian buffet yang kali ini bertema Cahaya Ramadan, manajemen Hotel Santika Pandegiling Surabaya memajang aneka masakan lengkap untuk buka puasa dan takjil dengan harga Rp 125.000 nett per-orang.

“Buffet paket buka puasa ‘Cahaya Ramadan’ ini bisa dinikmati pukul 17.000-22.000 mulai tanggal 15 Mei hingga 14 Juni 2018,” tegas Ika Fitri Tunjungsari, Assistant Sales Manager Hotel Santika Pandegiling Surabaya. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)