Seniman Alumni SMK Negeri 11 Surabaya Gabung di Forum Aliansi, Ini Tujuan Mereka

1517 views

Alumni SMK Negeri 11 yang tergabung dalam Forum Aliansi menggelar pameran karya di Galeri Paviliun House of Sampoerna selama sebulan.

iniSURABAYA – Berawal dari kebersamaan di sejumlah ‘panggung’, lulusan SMK Negeri 11 Surabaya ini kemudian sepakat mengkristalkan diri dalam sebuah wadah, Forum Aliansi. Anggotanya kini adalah alumni SMK Negeri 11 dari tahun 2011-2017.

“Sebelumnya kami bergerak sendiri-sendiri. Tanpa nama. Lalu kami menyadari perlunya wadah untuk melakukan aktivitas bersama, dan baru tahun ini kami sepakat komunitas ini bernama Forum Aliansi,” kata Miftahul Khoir, Koordinator Forum Aliansi, Rabu (11/7/2018).

Dan gawe pertama Forum Aliansi ini adalah pameran bersama 30 orang alumni di Galeri Paviliun House of Sampoerna. Pameran bertajuk ‘No Limit No Fear’ itu digelar mulai Jumat (13/7/2018) hingga 11 Agustus 2018.

“Awalnya memang berat mengumpulkan teman-teman alumnus SMKN 11 ini. tetapi, kami yakin harus bisa,” tegas mahasiswa semester 8 Jurusan Seni Rupa ISI Yogyakarta ini.

Ditekankan Miftahul Khoir, wadah itu penting agar bisa saling mengenal antara yang senior dan yunior. Manfaat lainnya adalah mereka bisa saling berbagi jaringan yang bisa mereka gunakan ketika mereka akan menggelar pameran karya.

“Bisa saling bantu jika akan pameran. Misal ada lulusan yang tinggal di Bali, bisa mencarikan solusi ketika teman sesama alumnus SMKN 11 yang masih tinggal di Surabaya atau di Yogya atau daerah lain mau bikin kegiatan,” paparnya.

Bertolak dari visi misi itulah, Miftahul Khoir menandaskan bahwa langkah yang dilakukan oleh Forum Aliansi ini baru tahap awal. “Nantinya kami harap bisa merangkul seluruh angkatan untuk gabung bersama. Kami terus cari link, sehingga kegiatan pameran seperti ini bisa rutin diselenggarakan. Kami masih babat alas sekarang,” ujar lulusan SMKN 11 Surabaya tahun 2014 ini.

Mengenai pamerah ‘No Limit No Fear’, Miftahul Khoir menyatakan bahwa peserta awal sebanyak 40 orang. Dari jumlah itu kemudian diseleksi sehingga diperoleh 20 seniman lulusan SMKN 11 Surabaya.

Tetapi, komunitas ini kemudian mencari lagi lulusan yang lain sehingga diputuskan jumlahnya yang ikut pameran 30 orang. “Melalui pameran ini kami ingin silaturahmi antar alumnus tetap terjalin sehingga tujuan utama kami untuk terus menanamkan nilai-nilai seni di jiwa masyarakat dapat terwujud” kata Miftahul Khoir.

Terbentuknya Forum Aliansi ini sendiri ternyata tak lepas dari dorongan House of Sampoerna yang selama ini getol mendukung perkembangan seni dan budaya. ”Tak hanya seni dan budaya. Sejak berdiri pada 9 Oktober 2003, kami juga berkomitmen mendukung perkembangan sejarah dan pariwisata melalui berbagai agenda kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai edukatif dan sosial,” tutur Rani Anggraini, Manager Museum & Marketing House of Sampoerna. dit

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)