Ada ‘Gurami Terbang’ di Ibis Surabaya City Center, Begini Cara Memasaknya

936 views

iniSURABAYA – Menikmati burung terbang di langit tentu sudah biasa. Tetapi pernahkah menyaksikan ikan gurami bersayap dan terbang?

Satwa langka itu ada di Ibis Surabaya City Center. Tentu saja bukan ikan gurami yang bisa terbang betulan. Ikan gurami di hotel bintang 3 ini sengaja dibentuk seakan memiliki sayap.

Bentuk sayap itu pun sebenanya adalah daging ikan gurami yang disayat terpisah dari tulang tengahnya. Penasaran? Simak cara juru masak Ibis Surabaya City Center saat menyajikan menu spesial berikut ini.

”Gurami Terbang diolah dengan cara digoreng dengan suhu minyak 190 derajat Celcius selama 10 menit. Jika warnanya sudah terlihat kuning kecoklatan, itu tandanya sudah matang,” ungkap Chef Rio Budi Cahyono, Executive Chef Ibis Surabaya City Center.

Chef Rio menambahkan,”Supaya bumbunya meresap, sebelum digoreng gurami direndam dulu dalam bumbu selama kurang lebih 30 menit.”

Bumbu yang digunakan untuk rendaman gurami ini adalah bahan-bahan yang sering ditemui di dapur, yaitu bawang merah, bawang putih, kunir dan ketumbar. Bahan-bahan tersebut dihaluskan, kemudian sebagian dilumurkan ke badan gurami.

“Sebagaian lagi dicampur dengan air sebagai rendaman. Jangan lupa kucuri dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amisnya,” imbuhnya.

Sedang untuk membentuk sayap, gurami ini terlebih dulu di-fillet. “Caranya mudah dan sederhana. Belah ikan gurami mulai dari ekor hingga kepala. Tetapi jaga agar kepala tidak sampai putus,” tuturnya.

Tips lain yang diberikan oleh  Chef Rio, ketika masih di penggorengan, sebelum diangkat dan saat ikan masih lentur, bentuk sedemikian rupa agar bagian daging gurami yang terbelah tadi bisa ditekuk ke samping kiri dan kanan. “Agar lebih mudah, proses itu dapat dilakukan pakai capit atau sutil,” urainya.

“Tak hanya unik. Gurami Terbang ini juga nikmat. Rasanya berbeda dari yang pernah saya rasakan,” ujar Gunawan usai mencicipi menu istimewa tersebut.

Kontraktor yang sering menikmati makan siang di Taste Restaurant, Ibis Surabaya City Center ini menyatakan pula,”Sensasi renyah dan gurih ditambah cocolan sambal terasi atau sambal dabu-dabu serta nasi hangat, selalu membuat saya sanggup menghabiskan lebih dari satu porsi.”

Gurami Terbang ini bisa didapat di Taste Restaurant Ibis Surabaya City Center dengan harga Rp 65.000 nett. Racikan juru masak Ibis Surabaya City Center ini menjadi menu promo pilihan untuk bulan Oktober–November 2018.

Selain Gurami Terbang, ada satu lagi menu berbahan utama ikan yang juga menjadi menu promo yaitu Fish and Chips. Perpaduan ikan dori dengan daging lembut dan kerenyahan bagian kulit yang berbalut tepung, dilengkapi kentang goreng, chips dan saus mayonnaise.

Khusus untuk Fish & Chips ini dibanderol dengan harga Rp 60.000 nett. “Menu-menu tersebut dapat dinikmati setiap hari mulai pukul 11.00–22.00 hingga 30 November 2018,” ucap Diar Listya, Executive Secretary and Public Relations Ibis Surabaya City Center. dit

#guramiterbang #ibissurabayacitycenter #promomenu Surabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)