Tak Bisa Marah-Marah di Panggung Stand Up Comedy, Panji Lampiaskan Emosinya Lewat Lagu

1576 views

Panji Pragiwaksono (ist)

iniSURABAYA – “Umur sekita, clubbing mah cari gara-gara. Kami berpesta dengan cara yang berbeda…”

“Kalian dan kami memang berbeda di tongkrongan, tapi tunggu saja nanti kau kan bergabung kawan. Masuk di masa disaat yang lain berpesta kita rayakan semua dengan makan-makan…”

Inilah cuplikan lirik lagu karya Pandji Pragiwaksono berjudul ‘Makan-Makan’ yang baru dirilis  Sabtu (10/11/2018) bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional.

Setelah absen cukup lama dari dunia musik, pria bernama lengkap Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo itu kembali eksis di ranah musik dengan meluncurkan album kelima yang berjudul ‘Pembalasan’.

Sejak terjun ke dunia musik tahun 2008 dengan album pertamanya ‘Provocative Proactive’, Pandji tetap konsisten di jalurnya yakni musik rap dengan lagu-lagu yang bernuansa satir.

Komedian alumni ITB tersebut mengaku proses penggarapan album ini sempat terhambat selama empat tahun.

“Seharusnya sih dirilis tahun 2014, tapi karena tersabotase kegiatan stand up jadi tertunda sampai tahun ini akhirnya baru rilis,” ujarnya.

Pandji membuktikan keseriusannya dalam proyek album ini dengan melibatkan beberapa musisi terkenal seperti Iwa K, Saykoji, Rapper Laze, Rayen Pono, hingga sang istri, Gamila Arief juga ikut campur tangan dalam buah karyanya.

Album yang berisi 10 lagu tersebut sebagian besar merupakan karangannya sendiri berdasarkan pengalaman hidupnya dan seperti judulnya, ada luapan emosi kekesalan dalam beberapa karyanya.

“Di album ‘Pembalasan’ ini isinya marah-marah saya yang tidak dapat saya ungkapkan di panggung Stand Up Comedy. Karena memang tujuan dari Stand Up Comedy adalah membuat orang tertawa bukan marah. Jadi marah-marahnya saya curahkan di album rap ini,” tegas pria kelahiran tahun 1979 ini.

Selain itu, album yang diproduseri oleh Saykoji, Wizzow, Endro March ini telah dirilis di website resmi Pandji www.wsydnshop.com, sejak pukul 10 pagi. “Alasan memilih tanggal 10 November, supaya masyarakat bisa mudah ingat. Wah, 10 November, Hari Pahlawan, Pandji, album ‘Pembalasan’!” serunya.

Album ‘Pembalasan’ ini juga sudah dapat diunduh dan dinikmati penggemar Pandji dan pecinta musik rap di aplikasi musik seperti Spotify, Joox dan Apple Music. Adapun video klip dari single pertama berjudul ‘Makan-Makan’ sudah rilis di YouTube.

Pandji menyatakan dalam cuitan di media sosialnya, untuk setiap pembalian album Pembalasan melalui websitenya, akan mendapatkan tiket gratis nonton konser rap #AndYouDontStop pada 22 Desember 2018 di Jakarta.

Di hadapan penggemarnya di Surabaya, Sabtu malam itu Pandji memberi kejutan dengan menyanyikan dua buah lagu karyanya, ‘Lagu Melayu’ (2010) serta lagu barunya ‘Makan-Makan’ (2018).

“Cuma di Surabaya! Saya mengakhiri stand up dengan bernyanyi. Di tur kota kota lain tidak ada! Beruntunglah kalian!” begitu tegasnya. sum

#makanmakan #panjipragiwaksono #standupcomedy

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)