Debut Album Blackpink Sukses Taklukkan Psy dan Bigbang, Ini Catatan Prestasi Mereka Lainnya

Personel Blackpink (ist)

iniSURABAYA – Tiket konser Blackpink untuk pementasan yang bakal berlangsung di di ICE BSD, Tangerang pada 20 Januari 2019 ludes hanya dalam waktu sekitar sepekan. YG Entertainment yang menaungi girl grup ini pun sepakat ada konser tambahan yaitu pada 19 Januari 2019.

Perjalanan karir Blackpink yang diperkuat empat gadis ini memang luar biasa. Resmi bergabung pada 8 Agustus 2016, empat personel Blackpink yaitu Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa langsung menggeber industri musik lewat debut album bertitel Square One.

Bacaan Lainnya

Persiapan yang mereka lakukan sebetulnya sudah cukup lama. Sebelum YG Entertainment mengungkapkan formasi akhir dan nama grup pada 29 Juni 2016, proses untuk merilis album ini sudah dilakukan sejak 2012.

Single perdana yang mereka rilis adalah ‘Boombayah’ yang diproduksi oleh Teddy Park dan liriknya ditulis bersama  Bekuh ‘Boom’. Sedang untuk penggarapan musik video, disutradarai oleh Seo Hyun-seung.

Berikutnya Blackpink menghadirkan lagu utama mereka yang kedua, berjudul ‘Whistle’. Penggarapan lagu ini masih diproduksi oleh Teddy Park dan Future Bounce. Sedang liriknya juga masih digarap bareng Teddy Park dan Bekuh ‘Boom’.  

Sambutan pasar terbukti luar biasa. Singel perdana mereka menduduki peringkat pertama di tangga lagu Billboard WorldDigital Songs, yang ketiga setelah Psy dan Bigbang.

‘Whistle’ memuncaki tangga lagu digital, download,streaming dan mobile di Gaon Chart untuk bulan Agustus 2016. Mereka juga menduduki peringkat satu di chart musik video untuk kategori mingguan, popularitas, dan musik video, di situs streaming musik terbesar Tiongkok, QQ Music.

Penampilan perdana mereka di program musik ditayangkan pada 14 Agustus 2016 di SBS Inkigayo. Kemenangan mereka di Inkigayodan ditayangkan pada 21 Agustus 2016, memecahkan rekor untuk girl grup tercepat yang memenangkan program musik setelah debut dalam waktu 14 hari.

Setelah mengakhiri promosi untuk ‘Square One’ pada 11 September 2016, Blackpink langsung menggeber industri musik lewat album kedua berjudul ‘Square Two’. Album yang mengandalkan lagu utama berjudul ‘Playingwith Fire’, dan ‘Stay’ ini dirilis pada 1 November 2016. dit/ana

Pos terkait