Sempat Tolak Bikin Biografi, Addie MS Akhirnya Luluh di Hadapan Evariny Adriana, Begini Alasannya

Addie MS bersama musisi orchestra cilik dalam sebuah pertunjukan musik di Galaxy Mall Surabaya beberapa waktu lalu.

iniSURABAYA – Tahun 2019 ini perjalanan Addie MS di industri musik Tanah Air, khususnya sebagai arranger maupun produser untuk album rekaman sejumlah penyanyi pop Indonesia menginjak 40 tahun.

Menandai kiprahnya tersebut, pemilik nama lengkap Addie Muljadi Sumaatmadja ini merilis buku biografi yang diberi judul ‘Addie MS’. Di buku itu sosok Addie MS diungkap secara lengkap mulai masa kecil berada di tengah keluarga dengan ekonomi pas-pasan sampai akhirnya memutuskan terjun ke dunia musik.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya lima tahun belakangan ini aku diajak oleh beberapa penulis untuk membuat biografi. Tidak pernah aku anggap serius, karena merasa belum pantas,” ujar Addie MS menjawab pertanyaan iniSurabaya.com yang disampaikan melalui WhatsApp (WA), Sabtu (26/1/2019).

Tetapi, pendirian ayah dua anak ini berubah ketika bertemu Evariny Adriana. Penulis yang mengaku sebagai penggemar Addie itu juga menyatakan keinginan untuk membuat biografi dirinya.

“Awalnya kutolak juga. Sampai akhirnya dia mempresentasikan daftar isi buku dan komitmen penerbitnya untuk mendukung pembuatan buku ini. Saat itulah akhirnya aku menyetujui,” tandas konduktor kelahiran Jakarta, 7 Oktober 1959 ini.

Pertimbangannya, lanjut Addie,”Sang penulis sudah banyak tahu mengenai hidupku dan pemikiran bahwa ada beberapa pengalaman hidupku baik yang baik maupun buruk yang aku harap bisa menjadi pelajaran bagi generasi mendatang.”

Untuk melengkapi buku tersebut, menurut Addie, sang penulis banyak mengorek informasi dan cerita dari orang-orang di sekitarnya, termasuk kakak dan adiknya. Memes, serta Kevin Aprilio dan Tristan Juliano pun turut andil mewarnai kisah perjalanan Addie MS di buku tersebut.  

Selain itu, sejumlah musisi, artis, dan para kolega Addie MS ikut memberi komentarnya. “Aku merasa tersanjung dengan komentar mereka semua. Termasuk David Foster yang memberikan komentar di saat terakhir naskah buku akan diserahkan ke percetakan,” tegasnya.

Proses pembuatan buku biografi ini diakui Addie MS cukup lama, yaitu sekitar satu tahun. Buku yang diterbitkan oleh BIP-Gramedia dan resmi dirilis pada 19 Januari 2019 itu bakal beredar di Toko Buku Gramedia mulai Senin (28/1/2019). dit

Pos terkait