‘The World is Flat’, Inilah Cara Agung Ajak Keliling Dunia Lewat Karya Foto

902 views
Sambil berkeliling ke beberapa negara, D Agung Krispimandoyo menyalurkan hobinya di bidang fotografi. Hasil bidikannya itu kemudian dia pajang dalam pameran di Atrium Ciputra World Surabaya.

iniSURABAYA.com – Baca komik ternyata bermanfaat dan tak hanya untuk mengisi waktu luang. Setidaknya bagi Denpharanto Agung Krispimandoyo.

Gara-gara baca komik perjalanan 365 hari dengan balon udara karya Mark Twain, Direktur Ciputra Development Tbk ini terobsesi untuk berkeliling dunia.

“Bisa keliling dunia itu kan impian semua orang. Tetapi kalau menurut komik itu, berkeliling dunia itu berat karena waktunya yang lama,” papar Agung usai meresmikan pameran fotonya di Ciputra World Surabaya, Senin (13/1/2020) petang.

Tetapi, pandangan tersebut berubah ketika Agung membaca komik lainnya, ‘The World is Flat’. Buku karya Thomas L Friedman itu bercerita mengenai dunia di jaman modern. “Dunia ketika sudah ada internet, dan tembok Berlin runtuh,” ungkapnya.

Diakui Agung, buku itu membalik pemikiran sebelumnya yang membuat Agung punya pandangan baru yaitu berkeliling dunia ternyata mudah.

“Bahkan tidak kemana-mana, hanya menggunakan internet sudah bisa ‘pergi’ kemana pun,” imbuhnya.  

Agung yang pehobi fotografi ini pun lalu mengumpulkan kenangan perjalanannya di berbagai negara dalam foto-foto hasil bidikan kameranya. “Semua yang 3 dimensi di dunia ini bisa jadi sekeping foto yang sifatnya mendatar,” tegasnya.

Pameran itu memajang 30 foto dari 100 foto jepretan Agung selama 10-15 tahun terakhir. Foto-foto itu dikurasi oleh Oscar Mutoloh, fotografer senior Antara. Kumpulan foto itu ia rangkum ke dalam buku berjudul sama.

Menurut Agung, foto-foto yang dipamerkan di Atrium Ciwo Mall Surabaya itu hasil bidikannya di 25 negara. “Saya sudah berkeliling ke 63 negara. Tetapi yang ada di pameran ini merupakan foto hasil perjalanan di 25 negara,” cetusnya.

Pameran foto dan juga rilis buku ‘My Flat World’, lanjut Agung, merupakan mahakarya di usianya yang menginjak angka 50 tahun. Seluruh fotonya memperlihatkan keindahan. Mulai dari foto bangunan yang megah, budaya, maupun kehidupan.

“Saya lebih suka yang gembira. Saya tidak suka yang sedih-sedih. Sebab, saya ingin foto saya bisa membuat orang yang melihatnya berpikir positif,” katanya. dit

#agungkrispimandoyo #ciputraworldsurabaya #fotografer #theworldisflat

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)