Sempat Kaget Dengar Kabar Didi Kempot Meninggal, Sonny Josz: Kita Kehilangan Seniman dan Motivator Campursari Terbaik

Didi Kempot

iniSURABAYA.com – Kabar meninggalnya Didi Kempot menyentak masyarakat luas di negeri ini. Tak terkecuali, Sonny Josz yang juga sama-sama musisi campursari.

“Negeri ini kehilangan seniman terbaik,” tegasnya kepada iniSurabaya.com, Rabu (6/5/2020).

Bacaan Lainnya

Musisi asal Probolinggo yang juga memelihara rambut panjang ini mengaku tahu kabar meninggalnya Didi Kempot saat menyaksikan tayangan televisi. “Saya sempat nggak percaya. Sebab selama ini tak ada kabar dia sakit,” cetusnya.

Dihubungi melalui pesan WhatsApp, Sonny Josz menyatakan rasa sedihnya lantaran selama ini dia juga mengagumi musisi yang aslinya bernama Didi Prasetyo tersebut.  

“Kami atas nama pribadi dan keluarga turut berduka cita atas wafatnya Didi Kempot. Buat saya, Didi Kempot adalah sahabat, dan kawan sejak masih sama-sama berproses dalam bermusik,” ungkapnya.

Sonny Josz yang kini mukim di Tangerang, Banten ini menandaskan, Indonesia, terutama para pencinta dan penggiat musik campursari merasa kehilangan sosok seniman yang baik, dan kreatif macam Didi Kempot.

“Kita juga kehilangan tokoh yang menjadi motivator menjamurnya musik campursari di Tanah Air,” imbuh penyanyi yang melejit lewat single ‘Sri Minggat’ ini.

Menurut Sonny Josz, Didi Kempot adalah sosok seniman yang ulet dan kreatif. Didi Kempot muncul sebagai penyanyi pada akhir tahun 80-an, saat dirinya belum terjun di musik campursari.

Ketika itu Didi Kempot hadir dengan tembang ‘Modal Dengkul’ yang ternyata tidak terlalu booming. Barulah, pada awal 2000-an, nama Didi Kempot mulai melambung lewat tembang campursari ‘Sewu Kuto’ dan ‘Stasiun Balapan’.

Dari situlah, Didi Kempot menjadi barometer para penggiat musik campursari untuk berinovasi dengan mengkolaborasikan musik kontemporer tersebut dengan irama pop, dangdut, keroncong, serta campur sari koplo.

Sonny yang belakangan merilis single duet bareng sang istri, Tia Josz berjudul ‘Bulan-Bintang’ mengaku sedih lantaran tak bisa takziyah ke rumah duka hingga ke pemakaman karena harus taat lebih banyak tinggal di rumah saat pandemic Covid-19 sekarang ini.  

“Saya dan keluarga hanya bisa kirim doa terbaik buat Didi Kempot,” ucap musisi yang juga selalu tampil mengenakan blangkon saat pentas di panggung.

Sebagaimana diberitakan, Didi Kempot meninggal di RS Kasih Ibu Solo sekitar pukul 07.30 WIB, Selasa (5/5/2020). Setelah dibawa ke rumah duka, adik pelawak Mamiek Prakoso ini selanjutnya dimakamkan di Ngawi. dit

Pos terkait