Pasang Foto Nyeleneh Saat Daftar SNMPTN 2021, Peserta Dianggap Tidak Serius dan Curang, Ini Akibatnya

547 views
Sebagai bentuk keseriusan mengikuti tes SNMPTN, peserta diminta mematuhi prosedur saat pendaftaran, khususnya yang terkait pemasangan foto diri.

iniSURABAYA.com | JAKARTA – Bisa masuk perguruan tinggi negeri idaman menjadi keinginan semua orang yang telah lulus sekolah menengah atas melalui proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Terkait hal tersebut, Moh Nasih, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengingatkan ada hal penting yang justru sering diabaikan oleh para pendaftar SNMPTN saat ingin mendaftarkan diri dalam uji SNMPTN untuk memasuki perguruan tinggi, yaitu pemasangan foto.

Penyertaan identitas pada SNMPTN 2021 disarankan tidak menyepelekan item foto. Meski tidak terkait dengan nilai, namun foto akan mempengaruhi kelulusan pada SNMPTN 2021.

Nasih menegaskan, pada pelaksanaan SNMPTN tahun-tahun sebelumnya terdapat hal krusial yang menentukan kelulusan, di antaranya foto. Ada beberapa peserta yang menggunakan foto tidak sesuai dengan semestinya berupa pas foto.

Menurut Nasih, penggunaan foto yang tidak sesuai bahwa siswa tidak fokus dan diduga tidak memiliki niat yang baik untuk mengikuti SNMPTN 2021. “Hal ini mencerminkan peserta tidak menyiapkan foto dengan baik,” tegasnya dalam sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2021 yang dilakukan secara daring, Rabu (16/12/2020).

Nasih lalu memberi contoh foto peserta ujian SNMPTN ini ada yang selfi, foto dengan pacar, foto dengan kucingnya, foto dengan keluarganya. Bahkan ada yang foto dari belakang. “Kalau ada seperti itu, kansnya masuk sangat-sangat kecil, saya akui sebagai curang. Mohon jadi perhatian!” tegas Nasih.

Dia mengingatkan, bahwa proses SNMPTN 2021 maupun SBMPTN 2021 merupakan puncak dari proses belajar selama 12 tahun. Sehingga ada baiknya semua persyaratan disiapkan dengan baik. mg2

#daftarSNMPTN #seleksimasukperguruantinggi #seleksinasionalmasukperguruantingginegeri

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)