Zona Merah Bertambah, Gubernur Khofifah Perluas Daerah Wajib PPKM Jadi 15 Wilayah

183 views
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur

iniSURABAYA.com – Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur  memutuskan menambah empat daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Jika sebelumnya telah ditetapkan ada 11 kabupaten/kota, berdasar Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/11/KPTS/013/2021 tentang Perubahan atas Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/7/KPTS/013/2021 kini jadi 15 daerah yang menerapkan PPKM.

Tambahan empat daerah baru itu adalah Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Nganjuk. Penambahan daerah yang menerapkan PPKM ini dilakukan lantaran keempat wilayah itu diketahui naik statusnya menjadi zona merah sejak 12 Januari 2021.

Menurut Khofifah, penambahan wilayah yang menerapkan PPKM ini perlu dilakukan sebagai langkah pengendalian pandemi Covid-19 yang efektif.

“Tujuannya untuk menekan angka kematian dan kasus baru di Jatim. Terutama untuk wilayah yang masuk zona merah baru,” tegas Khofifah dalam pertimbangan yang tercantum dalam Kepgub.

Pemberlakukan PPKM bagi empat daerah baru di Jatim itu diberlakukan terhitung sejak keputusan ditandatangani gubernur 13 Januari 2021.  

Dari informasi data perkembangan Covid-19 di Jatim yang dirilis Dinas Kominfo Jawa Timur pada tanggal 14 Januari 2021, tercatat empat daerah dengan status zona merah yakni Mojokerto, Kota Mojokerto, Kediri, dan Nganjuk. Keempatnya telah menjadi zona merah selama tiga hari berturut-turut.  

Kota Mojokerto tercatat ada 28 kasus positif Covid-19 baru dengan jumlah pasien sembuh 27 orang dan meninggal dua orang. Mojokerto tercatat ada delapan kasus positif Covid-19 baru dengan jumlah pasien sembuh 52 orang dan meninggal satu orang.  

Nganjuk tercatat ada 43 kasus positif Covid-19 baru dengan jumlah pasien sembuh 7 orang dan meninggal tiga orang. Sedangkan Kediri ada 24 kasus positif Covid-19 baru dengan jumlah pasien sembuh 19 orang dan tidak ada yang meninggal dunia.

Sebagaimana diberitakan, sebelumnya Pemprov Jatim menetapkan 11 kabupaten/kota di wilayah tersebut menerapkan PPKM, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Kota Malang, Kota Batu, Ngawi, Lamongan, Blitar, Madiun, dan Kota Madiun.  

Penegasan yang sama disampaikan Khofifah melalui postingan di akun Instagramnya @khofifahi.ip,”Penambahan PPKM ini demi kemaslahatan kita bersama. Jangan bosan untuk terus disiplin protokol kesehatan.”

Wanita yang kini sedang menjalani masa isolasi mandiri karena ikut terpapar Covid-19 ini menambahkan,”Ayo kita saling jaga agar Jawa Timur bisa segera lepas dari belenggu Covid-19 ini. Kita harus optimistis, insyaallah Jatim bisa!” ana

#covid-19 #gubernurjawatimur #khofifahindarparawansa #PPKM

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)