Bentuk XREAL, Mantan Personel Power Metal Rilis Album ‘Arogansi’

847 views
Personel XREAL Band

iniSURABAYA.com – Belantika musik cadas Tanah Air –khususnya Surabaya yang dikenal sebagai barometer musik rock—kembali bergairah dengan kemunculan para dedengkot mantan personil Power Metal.

Arul Efansyah (vokal), Lucky Setyo (gitar), Raymond Ariasz (keyboard), Endro Eswara (bass) dan Mugix Adam (drum) berkumpul kembali membentuk kelompok musik bernama XREAL.

Komposisi setiap inisial huruf dari nama mereka menjadi intisari kelahiran XREAL yang menggebrak lewat album bertajuk ‘Arogansi’. Tak dapat dipungkiri, Pandawa lima ini adalah bagian dari cerita panjang perjalanan kemegahan musik speed metal di era tahun 1990-an.

Hadirnya XREAL diyakini bakal jadi angin segar bagi para penggemar yang telah merindukan performa sang legenda terutama lengkingan Arul Efansyah.

Menariknya, reuni mereka diabadikan lewat peluncuran album yang digelar nyaris bersamaan dengan saat Ipunk dan kawan-kawannya mengumumkan kembali hadirnya Power Metal lewat single ‘Satu’.   

Raymond Ariasz mengatakan, album mereka berisi delapan lagu andalan. Seperti ‘Insan Perang’, ‘Khalifah’, ‘Arogansi’, ‘Perisai Langit’, ‘Rona Kehidupan’, ‘Kepak Sayap Garuda’, ‘Prelude’, ‘XREAL’ (instrument), dan ‘Arti Kebahagiaan’ yang disajikan dalam format minus one.

“Ada tema kebangsaan juga cinta,” ungkap Raymond.

Proses pembuatan album dimulai akhir 2020 dan mulai masuk dapur rekaman pada awal 2021. Raymond, Lucky dan Endro menjadi pelopor penggarapan komposisi musik dan lirik di Studio RMS Surabaya.

Projek ini juga melibatkan beberapa musisi muda bertalenta. Arul Efansyah akhirnya ikut bergabung kembali. Lengkap sudah mantan formasi tapal kuda (formasi kedua hingga kelima) Power Metal kala itu.

Endro berharap kehadiran XREAL bisa membangkitkan kejayaan musik metal. Idealisme mereka tak goyah, karena DNA metal tetap melekat.

Meski begitu Endro mengaku cukup banyak tantangan. Namun, seolah tak gentar tantangan genre musik masa kini, XREAL optimistis bisa menembus industri musik Tanah Air.

“Karena metal butuh skill tinggi. Dan golongan darah kami memang metal dari dulu,” tegas Endro Eswara. ana

#arogansi #arulefansyah #powermetal #xreal

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)