Seru! Busana ala Pejuang dan Tradisional Indonesia Warnai ‘Kecombrang Cooking Challenge – Explore Your Cooking Passion’

Suasana semarak dengan warna-warni atribut ala TNI, pejuang, serta busana tradisional khas daerah di Indonesia menghiasi acara ‘Kecombrang Cooking Challenge’ yang disajikan iniSurabaya.com bersama Dapoer Kecombrang.

iniSURABAYA.com – Peringatan Hari Pahlawan yang digelar secara unik dengan agenda cooking fun di Dapoer Kecombrang, Rabu (10/11/2021) benar-benar berlangsung seru dan heboh.

Sebanyak 21 peserta yang terdiri dari general manager/hotel manager serta chef dari hotel bintang 2-4 di Kota Surabaya dan Sidoarjo hadir dengan atribut khas pejuang dan ala TNI.

Bacaan Lainnya

Tetapi ada pula yang mengenakan busana tradisional, seperti yang dikenakan Firman S Permana, GM Surabaya Suites Hotel yaitu pakaian khas Madura, dan Sabar Sitompul, GM Novotel Surabaya Hotel & Suites Ngagel yang memakai baju adat Batak.  

Kostum tersebut melengkapi aksi mereka memasak di gelaran acara ‘Kecombrang Cooking Challenge – Explore Your Cooking Passion’ yang disajikan iniSurabaya.com bersama Dapoer Kecombrang.

Banyaknya peserta membuat penyelenggara membagi peserta dalam tiga sesi lomba. Dan masing-masing peserta diberi kesempatan memasak dalam waktu 30 menit.

Tantangan yang harus dijalani peserta adalah memasak dengan bahan kecombrang. Peserta tidak dibatasi kreativitasnya dan diberi kebebasan sepenuhnya memaksimalkan penggunaan bahan rempah asli Tanah Air tersebut

“Alasan utama kami memilih bahan ini karena belum banyak dikenal di dunia kuliner. Sehingga kami harap benar-benar jadi tantangan menarik bagi mereka yang menggeluti bidang FnB,” ungkap Mahani, koordinator acara ‘Kecombrang Cooking Challenge – Explore Your Cooking Passion’.  

Peserta tantangan memasak ini ada pula yang memakai busana khas Pramuka.

Sementara Bambang Nurianto, salah satu juri mengakui kecombrang memiliki karakteristik unik, salah satunya aroma khasnya sangat kuat. “Jika tidak diolah dengan benar bisa merusak rasa. Tetapi sebaliknya dengan pengolahan yang tepat bisa membuat rasanya tambah lezat,” tegas Ketua Umum Perkumpulan Chef Profesional Indonesia ini.

Emanuel Sucipto, owner Dapoer Kecombrang mengakui, selama ini kecombrang dalam bentuk bunga lebih dikenal hanya sebagai sayuran maupun lalapan yang dipadu dengan sambal.

Padahal, lanjut pria yang akrab disapa Pak Cip ini, kecombrang cocok untuk dipadukan dengan beragam bahan lainnya sehingga jadi aneka menu yang nikmat. “Bahan utama berupa kecombrang ini bisa diracik hingga menjadi makanan siap saji dalam beragam citarasa,” tegasnya.   

Fenomena itulah yang melatari tantangan memasak kali ini. Sekaligus memberi kesempatan pada industri FnB menyajikan olahan makanan sehat bagi masyarakat yang lebih variatif, khususnya yang menggunakan tumbuhan khas Indonesia ini.  

“Yang terpenting, melalui kegiatan ini kami ingin terjalinnya keakraban yang lebih baik dan massif di kalangan pelaku industri perhotelan dan media,” tutur Achmad Pramudito, Pemimpin Redaksi iniSurabaya.com.

Dia menambahkan, antusiasme peserta mengikuti acara ini benar-benar luar biasa. Meski awalnya hanya ditargetkan untuk 15 tim ternyata jumlahnya membengkak hingga 20 peserta.

“Bahkan hingga akhir acara masih banyak yang menyatakan ingin ikutan. Tetapi kami mohon maaf tidak bisa menambah jumlah peserta, mengingat keterbatasan tempat,” katanya.

Peserta ‘Kecombrang Cooking Challenge – Explore Your Cooking Passion’ ini adalah dua hotel dari Sidoarjo yaitu SwissBellin Airport Juanda dan Aston Hotel Sidoarjo.

Lainnya dari Surabaya, yaitu The Alana, Bale Hinggil, Crown Prince Hotel, Deka Hotel, Gunawangsa Manyar, Gunawangsa MERR, IbisStyle Jemursari, Java Paragon, Kokoon Hotel, Luminor Jemursari, Mercure Grand Mirama, Novotel Samator, Novotel Ngagel, Pop Stasiun Kota, Quest Darmo, Royal Singosari Hospitality, Surabaya Suites Hotel, dan Yello Jemursari. 

Kegiatan ‘Kecombrang Cooking Challenge – Explore Your Cooking Passion’ ini didukung Perkumpulan Chef Profesional Indonesia dan Hotel Singgasana. Selain itu, juga MNC Trijaya FM, Inbox Indonesia, Jamu Iboe, Lenmarc Mall, Luminor Kota Jakarta, Surabaya Suites Hotel, serta KAJI Indonesia. ana

Pos terkait