Patok Kuota 250 Maba, Fakultas Kedokteran Unair Buka 7 Jalur Pendaftaran

257 views
Prof Budi Santoso, Dekan FK Unair memaparkan program penerimaan mahasiswa baru 2022.

iniSURABAYA.com – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) membuka tujuh jalur pendaftaran mahasiswa baru di tahun 2022, yaitu SNMPTN, SBMPTN, Mandiri Reguler, Mandiri Kemitraan, Double Degree, dan dua jalur internasional.

Kuota mahasiswa baru di tujuh jalur pendaftaran tersebut totalnya 250 orang. “Untuk (jalur) internasional sudah dibuka ya. Silakan untuk info lebih detilnya simak melalui website kami,” ungkap Prof Budi Santoso, Dekan FK Unair dalam rangkaian acara Airlangga Education Expo.

Terkait jalur penerimaan untuk program Double Degree, kata pria yang akrab disapa Prof Bus ini, mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan baik di FK UNAIR maupun di University of Melbourne Faculty of Medicine, Dentistry, and Health Sciences. FK UNAIR juga menyediakan jalur golden ticket bagi siswa berprestasi.

Selain unggul dalam bidang akademik, FK UNAIR memandang pentingnya mengasah soft skill serta bakat dan minat dari para mahasiswa. “Di FK UNAIR, banyak unit kegiatan yang dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan minat mereka,” ujarnya.

Prof Bus juga berpesan kepada para siswa yang ingin mendaftar di FK UNAIR agar memiliki niat tulus menjadi seorang dokter. “Menjadi dokter bukan sarana memperkaya diri, tetapi bagaimana bisa berbuat baik kepada masyarakat sehingga bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara,” tandasnya.

Untuk Airlangga Education Expo tahun ini pun, FK Unair mengusung tema ‘Layangan Tak Boleh Putus’. Artinya ada banyak cara menjadi mahasiswa FK Unair

 “Ini bukan semata tema, karena kami ingin mengadaptasi sesuatu yang viral. Tetapi kami membawa pesan bahwa ada banyak jalan untuk bisa menjadi mahasiswa FK Unair, sehingga artinya cita-cita adik-adik ini jangan sampai putus,” tegasnya.

Prof Budi menekankan bahwa siapa saja bisa menjadi mahasiswa FK Unair, asalkan memiliki kemauan dan kemampuan. ‘Kemauan’ ini, pendorongnya adalah diri sendiri sehingga menikmati dan lancar selama proses pembelajaran.

Sedang ‘kemampuan’, lanjut Prof Bus, adalah kemampuan akademis. “Seleksi masuk FK Unair sangat ketat. FK Unair hanya memberikan kuota 250 orang untuk penerimaan MABA tahun 2022 dengan perbandingan pendaftar 2.000 orang bahkan selalu meningkat setiap tahun,” imbuhnya.

Kemampuan selanjutnya tentu yang berkaitan dengan finansial, karena seperti diketahui kuliah kedokteran membutuhkan biaya tidak sedikit. “Namun jangan berkecil hati, sebab ada banyak beasiswa pemerintah yang ditawarkan kepada adik-adik sehingga bisa masuk FK Unair tanpa biaya,” tuturnya.  

Karena itu pula, Prof Bus berpesan agar calon mahasiswa mempersiapkan diri untuk masuk lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN yang proses penerimaannya tidak mengeluarkan biaya.

“Sebanyak 150 lebih mahasiswa baru kami buka lewat jalur ini. Karenanya peluang ini mohon dimaksimalkan adik-adik calon mahasiswa,” pungkasnya. ana

#fakultaskedokteran #mahasiswabaru #universitasairlangga

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)