Daya Beli Masih Minim, Seniman Koperjati Tetap Semangat Gelar Karya di Pameran ‘Ritu Art (L)’

161 views
Puluhan karya seniman dari berbagai daerah dipajang di The Progo 10 Surabaya.

iniSURABAYA.com – Ketika pandemi kian mereda, dan aktivitas masyarakat kembali menggeliat, para seniman pun memanfaatkan momentum tersebut untuk kembali menggelar karya-karya mereka.

Salah satunya melalui agenda Bulan Menggambar Nasional yang digeber serentak di berbagai kota di negeri ini. Itu pula yang coba dilakukan para seniman yang tergabung di Komunitas Perupa Jawa Timur (Koperjati).  

Sebanyak 36 lukisan karya 19 perupa dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur dibeber di sudut-sudut ruang The Progo 10 Surabaya hingga 30 Mei mendatang.

Ukuran karya para perupa yang dihadirkan dalam pameran bertajuk ‘Ritu Art (L)’ ini nyaris seragam kisaran 50×60 cm. “Sengaja ukuran kami batasi tidak terlalu besar karena menyesuaikan besaran ruang juga,” kata Muit Arsa, Koordinator Koperjati kepada iniSurabaya.com.  

Menurut Muit, pameran karya para seniman pasca-pandemi ini sebagai wujud syukur setelah dua tahun mereka ‘tiarap’ karena banyak batasan yang harus dilakukan sebagai dampak merebaknya virus Corona.

Tak heran bila gelaran Bulan Menggambar Nasional ini diikuti penuh antusiasme para pelukis di berbagai daerah, khususnya di Surabaya. “Yang serentak baru sekarang ini. Sebelumnya (Bulan Menggambar Nasional) hanya diikuti beberapa komunitas,” urainya.

#bulanmenggambarnasional #koperjati #pamerandrawing #perupa #seniman

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)