ITS Gagas Platform Teledermatologi iDerm4U, Ketut Eddy Purnama: Bisa Mempermudah Pemerataan Akses Kesehatan

Dr I Ketut Eddy Purnama ST MT, Ketua tim penelitian iDerm4U.

iniSURABAYA.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil merancang platform telemedisin berbasis kecerdasan buatan yang berfokus pada penyakit kulit.

Platform yang diberi nama iDerm4U ini berfokus pada layanan teledermatologi. Dapat diakses tanpa kendala jarak, pasien dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara daring melalui platform ini.

Bacaan Lainnya

Menurut Dr I Ketut Eddy Purnama ST MT, Ketua tim penelitian iDerm4U, digitalisasi pada bidang kesehatan kini semakin berkembang, sehingga berbagai platform telemedisin yang dapat diakses banyak orang pun diyakini mempermudah pemerataan akses kesehatan.

“Mengingat Indonesia masih dilanda Covid-19, platform ini dapat meminimalisasi penularannya,” tandas Eddy melalui rilis yang dikirim ke redaksi iniSurabaya.com.

Dia mengakui, platform iDerm4U ini memiliki basis website yang masih pada tahap pengembangan. Berbekal kecerdasan buatan, platform ini nantinya dapat memudahkan dokter untuk mengetahui jenis penyakit kulit pasien.

“iDerm4U membantu menganalisa jenis penyakit kulit berdasarkan potret foto kulit pasien,” tegas Dekan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS ini.

Pos terkait