Bendera Merah Putih Sepanjang 800 Meter Menambah Heroisme dan Keseruan Drama Musikal ‘Berkibarlah Benderaku’

Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya turut membentangkan bendera raksasa Merah Putih sepanjang 800 meter di acara drama musikal ‘Berkibarlah Benderaku’, Minggu (18/9/2022).

iniSURABAYA.com – Bentangan bendera merah putih sepanjang 800 meter menutup rangkai kisah drama musikal bertajuk Berkibarlah Benderaku yang digelar di Jl Tunjungan, Minggu (18/9/2022).

Bendera tersebut diarak mulai dari sisi Hotel Majapahit hingga mencapai ujung perempatan Siola. Ratusan orang termasuk warga setempat ikut bergabung mengusung bendera raksasa itu.

Bacaan Lainnya

Tak ketinggalan Eri Cahyadi dan jajaran Forkopimda pun turut berada di bawah bentangan bendera merah putih itu. “Ayo diangkat benderane, ojok sampek jatuh!” begitu pesan Cak Eri –sapaan akrab Eri Cahyadi memberi semangat warganya ikut mengangkat lembaran kain merah putih itu.

Agenda Refleksi Perobekan Bendera ini rutin dilaksanakan untuk memperingati peristiwa perobekan bendera merah putih biru, bendera Belanda yang berkibar di Hotel Majapahit –saat peristiwa itu terjadi masih bernama Hotel Yamato—yang terjadi pada 19 September 1945.

Berbeda dengan sebelumnya yang hanya dipusatkan di Hotel Majapahit, rangkaian drama musikal yang disajikan dalam aksi teatrikal itu kali ini digeber di tiga titik, yaitu di sisi Hotel Platinum, di ujung Jl Genteng Besar, dan di depan Hotel Majapahit.

Pertunjungan seni teater yang didukung sekitar 1.200 pemain melibatkan banyak unsur, mulai pelajar, mahasiswa, seniman, pecinta sejarah, serta beragam komunitas di Kota Surabaya.   

Pos terkait