Hebat! Dalam 8 Jam Misi Dagang Jatim-Sulsel Catat Transaksi Rp 240,23 M, Khofifah: Kunci Utamanya adalah Kolaborasi

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim

iniSURABAYA.com | MAKASSAR – Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur kembali memimpin gelaran Misi Dagang dan Investasi antara Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Sulawesi Selatan di Phinisi Ballroom Claro Hotel Makassar, Kamis (17/11/2022). 

Agenda yang dibuka langsung oleh Khofifah bersama Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan itu berhasil mencatatkan transaksi sebesar Rp 240,23 miliar dari total 38 transaksi dalam waktu selama delapan jam atau transaksi final pukul 18.00 WITA.

Bacaan Lainnya

Khofifah menyatakan bahwa salah satu kunci menghadapi industri 4.0 dan 5.0 adalah kolaborasi. Utamanya untuk memanfaatkan potensi pasar dalam negeri yang sangat besar, yakni 276 juta jiwa penduduk Indonesia.

“Maka kita butuh strong collaboration untuk memanfaatkan potensi besar itu. Karena hubungan Indonesia Timur adalah Sulawesi Selatan. Kita harus bangun kolaborasi,” tegasnya.

Khofifah juga menyampaikan bahwa dari total 32 rute tol laut di Indonesia, 27 rute diantaranya melewati Surabaya. “Ini betapa koneksitas laut antara Jatim dan Sulawesi Selatan menjadi sangat strategis. Termasuk dengan hadirnya tiga provinsi baru di Papua. Maka ini akan menjadi supporting system bagi penguatan ekonomi dan perdagangan di masing-masing daerah,” katanya optimistis.

46 Pelaku Usaha Jatim
Misi dagang kali ini diikuti sebanyak 46 pelaku usaha asal Jatim dan 100 pelaku usaha asal Sulsel. Adapun potensi komoditi dari Jatim yang ditawarkan antara lain produk hasil pertanian, yaitu beras, jagung, bawang merah, bawang putih, bibit tanaman, sayuran.

Pos terkait