Kemenkominfo Gandeng ITS Kembangkan Robot Pelayanan Publik

Jajaran pimpinan ITS dan Ditjen SDPPI Kemenkominfo RI usai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Gedung Rektorat ITS

iniSURABAYA.com – Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menggandeng ITS untuk mengerjakan projek kerja sama pembuatan robot guna membantu pelayanan publik di Ditjen SDPPI.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan di Gedung Rektorat ITS, Kamis (17/11/2022). Direktur Operasi Sumber Daya Kemenkominfo, Dr Dwi Handoko MEng menyatakan, dasar tawaran kerja sama ini berawal dari pihaknya yang mendapatkan arahan untuk mengadakan showcase teknologi yang mencerminkan identitas Kemenkominfo.

Showcase teknologi yang dipilih adalah dalam bentuk robot pelayanan. “Karena kami bergerak dalam pelayanan publik untuk perizinan spektrum frekuensi radio,” tuturnya.

Dwi menegaskan bahwa pemilihan ITS sebagai pihak pengembang robot pelayanan di Ditjen SDPPI memang dilandasi oleh kuatnya citra ITS di bidang robotika.

Hal tersebut sesuai arahan dari pemerintah untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). “Mengapa harus membeli produk luar negeri di saat ada anak bangsa yang kompeten dan teruji dalam bidang robotika,” begitu selorohnya.

Di sisi lain, showcase teknologi yang sedang dicanangkan Ditjen SDPPI ini merupakan salah satu langkah untuk berfokus pada hilirisasi teknologi, yakni peningkatan pemanfaatan teknologi yang sudah ada melalui berbagai pengembangan.

Pos terkait