Winaya Ajak Belajar Merelakan Kehilangan Orang Tercinta di Single ‘Sudah Jalannya’

Winaya Satasya

iniSURABAYA.com – Menjelang pertengahan tahun 2023, Winaya Satasya Kembali dengan single terbaru berjudul ‘Sudah Jalannya’. Menurut penyanyi yang akrab dipanggil Winaya ini, lagu tersebut awalnya dibuat untuk mengekspresikan kesedihannya ketika salah satu anggota keluarga orang terdekatnya tutup usia.

Melihat keluarga yang ditinggalkan tampak berduka, terciptalah narasi dari hal-hal yang ia amati. Setelah proses pengerjaan selama sekitar empat bulan, lahirlah karya tersebut sebagai single ketiganya.

Bacaan Lainnya

“Hampir semua lagu yang aku tulis, dua di antaranya sudah dirilis. Dibuat dari sudut pandang orang ketiga, bukan dari apa yang aku alami secara langsung, termasuk lagu ketiga ini,” ungkapnya.

Menurut Winaya, proses kreatif dan rekamannya cukup menantang karena lagunya punya emosi yang meluap-luap. “Jadi aku harus bisa mengatur perasaanku saat menyanyikannya. Tetapi, syukurlah, semua bisa berjalan dengan lancar,” kisahnya.

Bisa dibilang, ‘Sudah Jalannya’ adalah single Winaya yang paling simpel karena hanya diiringi piano sebagai instrumen utama. Meskipun begitu, temanya masih berhubungan dengan cinta, seperti dua single sebelumnya, namun dalam bentuk yang berbeda.

Bila lagu pertama merefleksikan self-love atau memprioritaskan diri sendiri, dan lagu kedua lebih kepada proses mencari cinta, maka lagu ketiga ini mengacu kepada kehilangan orang yang dicintai.

“Lagu ini bisa dinikmati tanpa harus berpikir. Menurutku, cocok untuk pagi yang dingin dan sendu kalau memang kita lagi merasa sedih, terutama untuk mereka yang baru saja merasakan kehilangan,” lanjutnya.

Setelah ini, Winaya memang terpikir untuk merilis album berisikan lagu-lagu buatannya, baik yang sudah rilis dalam bentuk single mau pun yang masih ada di tabungan lagunya. “Keinginan pastinya ada, tapi makin ke sini aku tidak mau asal-asalan,” tegasnya.

Kalau ada kesempatan, Winaya ingin membuat album dengan konsep yang benar sehingga semua lagu selaras, agar seninya bukan hanya di lagu, tetapi juga di penempatan lagunya.

“Kita lihat saja ke depannya bagaimana. Doakan semoga keinginan aku untuk merilis album bisa terwujud,” harapnya.

Tentunya, seperti dua single sebelumnya, Winaya berharap banyak orang yang saat mendengar lagu tersebut akan merasa memiliki kesamaan dengan tema yang dia angkat. “Semoga lagu ini bisa membantu mereka dalam melewati proses melepaskan, proses berduka, atau proses merindu,” imbuhnya.

Walau kenyataannya pahit, kata Winaya, tetapi orang yang meninggalkan kita sudah ada di tempat yang lebih tenang. “Selain itu, aku ingin lagu ketiga ini bisa memperlihatkan sisi lain seorang Winaya kepada para pendengarku,” cetusnya. ana

Pos terkait