Mudik Lebaran Pakai Kendaraan Pribadi? Simak Hal Penting Berikut Agar Perjalanan Lancar

ILUSTRASI : Mudik Lebaran pakai mobil pribadi.

iniSURABAYA.com – Libur Lebaran tinggal menghitung hari. Masyarakat di negeri ini tentu sudah bersiap-siap untuk mudik ke kampung halaman.

Tentu banyak hal perlu disiapkan untuk menempuh perjalanan panjang, khususnya bila dilakukan melalui darat menggunakan kendaraan pribadi. Selain kesehatan tubuh yang prima, baik bagi pengemudi dan penumpang, juga ‘kesehatan’ mobil perlu diperhatikan agar perjalanan aman dan nyaman.

Bacaan Lainnya

Jika sudah menyiapkan mudik Lebaran dengan mobil pribadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan secara menyeluruh agar perjalanan berlangsung lancar.

Sebelum mudik, kondisi mobil harus diperiksa sistem kelistrikan, air radiator, kaki-kaki mobil, minyak rem hingga wiper. Untuk totalitas kesiapan kendaraan yang akan digunakan menempuh perjalanan panjang, Benny Fajarai, Co-Founder dan CMO Lifepal.co.id, marketplace asuransi terpercaya di Indonesia berbagi tips berikut ini :

Cek Sistem Kelistrikan Mobil

Sebelum mudik, hal pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa kondisi sektor kelistrikan mobil.

Komponen kelistrikan mobil penting dicek dan dirawat lantaran kelistrikan berasal dari aki yang mampu mempengaruhi beragam performa komponen mobil yang lain, seperti lampu sampai starter.

Ganti Oli Mobil

Selain kelistrikan, komponen penting lainnya yang perlu dicek berkala adalah oli. Sebagai pelumas, oli bisa menjaga mesin mobil tidak akan mengalami overheat.

Terdapat beberapa jenis oli dalam mobil dengan masa berlaku berbeda-beda, yaitu oli mesin, oli transmisi, oli rem, oli power steering, dan oli gardan. Agar mobil tetap nyaman dan terjaga performanya, oli mesin butuh diganti jika sudah menempuh jarak 5.000 km.

Oli transmisi pada mobil manual diganti jika mobil telah menempuh jarak 10.000 km, pada mobil matic diganti setiap kelipatan 20.000 km. Sedangkan oli gardan diganti bersamaan dengan oli transmisi.

Periksa Kondisi Ban dan Kaki-Kaki mobil

Komponen lainnya yang tidak boleh ketinggalan untuk dicek saat akan mudik atau bepergian jauh adalah ban mobil. Periksalah permukaannya, apakah masih bagus atau sudah botak.

Jika permukaannya sudah halus, ganti ban mobil dengan yang baru. Sebab, daya cengkeraman ban mobil yang botak tidak maksimal, sehingga dapat membuat ban berpotensi terselip di jalanan licin.

Selain itu, perhatikan pula tekanan anginnya normal atau tidak, terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Tekanan angin ban mobil penting diperhatikan kondisinya karena dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan saat berkendara, terutama saat melewati jalanan bergelomang, berlubang atau tidak rata.

Bagian kaki-kaki mobil juga penting diperhatikan lantaran merupakan komponen krusial, baik dari sisi kenyamanan maupun keselamatan berkendara.

Periksa Kondisi AC Mobil

Bagian pendingin udara atau Air Conditioner (AC) juga menjadi komponen lainnya yang penting diperiksa saat hendak melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi.

Untuk membuat kualitas AC mobil senantiasa terjaga, beberapa perawatan juga penting dilakukan.

Proteksi Kendaraan dengan Asuransi

Yang tak kalah penting dilakukan sebelum menjalani perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi adalah perlu dipersiapkan dengan matang. Untuk itu, cek kondisi dan performa mobil untuk memastikan keselamatan dan keamanan selama di perjalanan.

Untuk memberikan rasa tenang, Anda bisa memberikan proteksi finansial pada kendaraan dengan asuransi mobil yang dapat menanggung biaya perbaikan akibat kerusakan. ana/*

Pos terkait