Influencer Pengaruhi Perilaku dan Keputusan Konsumen? Vero dan YouGov Ungkap Fakta Berikut

Ki-Ka : Agung Karmalogy (Influencer and META Ambassador), Claudia Pusung (KOLs & Influencer Relations Manager of Vero), Edward Hutasoit (General Manager of YouGov), Chatrine Siswoyo (Senior Advisor ASEAN Vero), Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc, Professor of Consumer Behavior, Institut Pertanian Bogor

iniSURABAYA.com — Konsultan komunikasi Vero, bekerja sama dengan grup riset pasar dan analisis data global YouGov, merilis sebuah studi terbaru yang menunjukkan pengaruh besar dari influencer digital dalam membentuk perilaku konsumen dan tren di Indonesia.

Dengan estimasi pengeluaran untuk pemasaran influencer yang mencapai Rp 5,5 triliun (sekitar US$ 349,83 juta) pada tahun 2028 oleh Statista, industri ini telah memberikan peluang besar bagi bisnis di Indonesia untuk memanfaatkan interaksi dengan para influencer untuk terhubung dengan audiens target mereka.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan survei komprehensif yang melibatkan lebih dari 2.000 responden dari berbagai latar belakang demografis, Vero dan YouGov menemukan bahwa:

  • 94 persen responden mengatakan bahwa influencer memberikan pengaruh dalam membentuk pola perilaku dan keputusan pembelian mereka.
  • Sebanyak 63 persen responden mengatakan bahwa alasan utama mereka mengikuti konten influencer adalah untuk mempelajari hal baru, 58 persen untuk mencari informasi terkini, dan 53 persen untuk mencari inspirasi.
  • Sementara itu, 63 persen responden secara aktif mencari konten yang menawarkan saran dan tips dari para ahli, 47 persen menginginkan konten-konten edukatif, dan 41 persen merasa tertarik dengan cerita atau pengalaman pribadi influencer.

Pos terkait