Hidangkan Rujak Manis dan Nasi Tumpeng, Chef Deni Wakili Surabaya ke Ajang Indonesia Culinary Journey di Jakarta

1286 views

Chef Deni Anto dari Sheraton Surabaya
Hotel & Towers sedang meracik masakan untuk disajikan di acara ‘Ayo Makan’.

iniSURABAYA – Kuliner bagian tak terpisahkan dari aktivitas dunia perhotelan. Tak heran bila menu masakan selalu jadi andalan bagi manajemen hotel untuk menarik perhatian tamu.

Melalui ajang Indonesia Culinary Journey, Marriott International Surabaya menggelar kompetisi masak bertema ‘Ayo Makan!’, Rabu (23/5/2018). Kegiatan yang masuk tahun ke-3 ini diikuti oleh para chef jagoan JW Marriott Surabaya, Sheraton Surabaya Hotel & Towers, Four Points by Sheraton Surabaya, dan Fairfield Marriott Surabaya.

Mereka adu ketrampilan meracik bahan untuk dibuat menjadi masakan Indonesia yang terbaik.

“Indonesia Culinary Journey adalah acara tahunan Marriott International untuk memperkenalkan cita rasa masakan lokal ke masyarakat,” kata Rima Sukmawaty Tambunan, Marcomm Executive JW Marriott Surabaya.

Menurut Rima, kesuksesan acara pertamanya di tahun 2016 lalu meningkatkan rasa percaya diri Marriott International untuk semakin mendorong kecintaan masyarakat atas masakan Nusantara. “Kriteria pemenang meliputi kelezatan masakan, tampilan dari makanan itu sendiri, dan kreativitas peserta,” paparnya.

Chef Andri Aryono selaku Executive Chef JW Marriott Surabaya bersama tiga chef lain

dari properti Marriott International di Surabaya telah memilih menu yang dilombakan. Menu-menu tersebut disesuaikan dengan kriteria yang telah ditentukan dan sudah melalu proses kajian secara matang.

Chef Agus Isriyanto dari JW Marriott Surabaya, Chef Deni Anto dari Sheraton Surabaya

Hotel & Towers, Chef M Bagus Triandono dari Four Points by Sheraton Surabaya, dan Chef

Edy Yanto dari Fairfield Marriott Surabaya berlomba menyajikan masakan terbaik yang

akan ditampilkan pada ‘Ayo Makan’ bulan Agustus mendatang.

Pertandingan dimulai dengan memasak appetizer, dilanjutkan dengan main course, dan ditutup dengan dessert. Semua menu tersebut akan disajikan dengan resep lokal seperti Asem-asem Ikan Cukil, Rujak Legi Surabaya, Ayam Bumbu Rujak, Krengsengan Daging dan masih banyak lainnya.

Setelah proses memasak selesai, masakan dari para peserta ditampilkan di Restoran

Pavilion JW Marriott Surabaya untuk dinilai. Juri yang menilai merupakan dari pihak blogger dan media yang datang.

Para juri akhirnya sepakat masakan Chef Deni menjadi pemenangnya. Chef Deni menyajikan makanan pembuka berupa rujak manis, sedang makanan utamanya adalah nasi tumpeng di dalam piring. Yang unik untuk makanan pembuka dia melengkapi hidangan itu dengan sourbet. “Sourbet-nya untuk menetralisir rasa pedas dari saus kacangnya,” tuturnya.

Chef Deni otomatis berhak mewakili Surabaya di pentas Indonesia Culinary Journey tingkat nasional di Bali dan Jakarta. Yang juga membanggakan sajian Chef Deni ini bakal dihidangkan dalam kemasan buffet alias prasmanan di empat hotel tersebut pada bulan Agustus 2018.

“Melalui acara ‘Ayo Makan’ ini diharapkan menu lokal tetap menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Cita rasa dari bumbu yang dihidangkan selalu mengingatkan bahwa makanan Indonesia adalah yang terbaik,” kata Rima. dit

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)