Urus SIM dan SKCK Kini Gunakan Teknologi Elektronik, Caranya Cukup Scan QR Lalu Bayar

Sejumlah mitra driver Go-Jek di Surabaya melakukan perpanjangan SIM menggunakan metode pembayaran nontunai melalui Go-Pay. (dok.GO-JEK)

iniSURABAYA – Mau bikin SIM baru atau memperpanjang masa berlaku SIM sekarang tak lagi ribet. Hanya pakai aplikasi Go-Pay semua jadi mudah dan cepat.

Tak hanya untuk mengurus SIM, bahkan pembayaran SKCK pun dapat dilakukan secara elektronik. Proses pembayaran PNBP (penerimaan negara bukan pajak) SIM dan SKCK ini mulai diberlakukan di Surabaya sejak 1 Desember 2018 lalu.

Bacaan Lainnya

“Kini masyarakat tidak perlu menggunakan kartu atau mengeluarkan uang tunai, semuanya dapat menyelesaikan transaksinya,” kata Kombes Pol Rudi Setiawan, Kapolrestabes Surabaya, saat acara peluncuran E-volution Cashless Payment beberapa hari lalu.

Menurut Rudi Setiawan, saat akan membayar PNBP SIM atau SKCK, masyarakat cukup membawa handphone. “Setelah scan kode QR-nya, lalu bisa langsung bertransaksi,” tegasnya.

Program ini, diakui Rudi Setiawan merupakan upaya Polrestabes Surabaya untuk mewujudkan transparansi. “Inisiatif berupa inovasi pembayaran nontunai ini merupakan langkah untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat Surabaya,” tuturnya.

Selain Surabaya, proses pembayaran PNBP SIM dan SKCK secara elektronik ini juga diberlakukan di enam kota lainnya, yaitu Gresik, Bekasi, Mojokerto, Sidoarjo, Pacitan, dan Madiun.

“Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Kami harap hadirnya inovasi ini di Kota Surabaya memberi dampak positif, sehingga program yang ditawarkan dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas,” ujar Damar Juniarto, VP Regional Public Policy and Government Relations Go-Jek. sum

Pos terkait