Sejumlah JPO Dilengkapi Lift, Warga Kota Surabaya Tak Perlu Lagi Capek Meniti Tangga

216 views
JPO di Kota Surabaya kini makin ‘mewah’ dan nyaman karena dilengkapi lift untuk memudahkan masyarakat menyeberang sehingga tidak perlu capek meniti tangga. (foto-foto: Lintang Suminar K).

iniSURABAYA.com – Warga Kota Surabaya kian nyaman saat berada di jalan raya. Selain sejumlah ruas jalan sudah dilebarkan sehingga kian leluasa, bagi penyeberang jalan pun terjamin kenyamanan dan keamanannya.

Masyarakat bahkan tak perlu lagi was-was ketika hendak melewati jembatan penyeberangan orang (JPO). Sebab, sejumlah JPO kini sudah dilengkapi fasilitas lift.  

Informasi yang diperoleh iniSurabaya.com, ada sekitar delapan JPO di Surabaya yang punya lift. Lokasinya antara lain yaitu Jl Basuki Rahmad depan Bumi Surabaya City Resort, Jl Gubernur Suryo depan SMAN 6, Jl Pemuda depan RRI, Jl Urip Sumoharjo, Jl Prof Moestopo depan FKG, dan Jl Wonokromo depan stasiun.  

Selain itu juga akan ditambah JPO dengan lift di Jl Ahmad Yani depan Royal Plaza, Jl Ahmad Yani dekat area Jl Margorejo, Jl Ahmad Yani depan Dolog, di depan RSUD Dr Soetomo, Jl Diponegoro, Jl Mayjen Sungkono, dan Jl Adityawarman.

Yang menarik, keberadaan lift di setiap JPO itu tidak dibangun memakai anggaran APBD, apalagi APBN. Menurut Maria Theresia Ekawati Rahayu, Kepala Dinas Pengelola Bangunan dan Tanah Kota Surabaya, penambahan fasilitas lift di JPO tersebut dikerjakan dengan dana nol APBD.

Pemerintah memanfaatkan CSR dari penyewa JPO untuk membangunkan lift pada fasilitas publik tersebut. Sebab, aset JPO memang ada di bawah kepemilikan dan pengelolaan pemerintah kota.

Namun aset tersebut disewakan bagi pihak ketiga yang ingin memanfaatkan JPO untuk periklanan. Perusaaah reklame yang menyewa JPO itulah yang kemudian ditarik CSR-nya untuk membangunkan lift di JPO.

“Jadi semua dana pengadaan lift di JPO itu semuanya full dari penyewa JPO, tidak pakai APBD,” tegas Maria. sum/dit

#jembatanpenyeberanganorang #kotaSurabaya #lift

Posting Terkait