Anak Perlu Diajarkan Resilient Sejak Dini Agar Tangguh Hadapi Tantangan Kehidupan, Begini Penjelasannya

861 views
Artis Nadya Mulya (dua dari kanan) turut berbagi pengalaman mengasuh anak di acara Royal Lounge Nutriclub yang diadakan di Atrium Pakuwon Mall Surabaya.

IniSURABAYA.com – Resilient atau kemampuan menghadapi tantangan serta memiliki mental untuk bangkit saat menemui kegagalan perlu dikembangkan sejak dini.

Ketangguhan dalam menghadapi segala kemungkinan itu sangat diperlukan, terutama sekarang perkembangan teknologi serba cepat. Di sisi lain, juga penuh ketidakpastian dan sangat kompetitif, sehingga tantangan yang dihadapi anak dari luar semakin kompleks.

Tantangan dari luar itu bisa mulai dari isu sosial sampai perubahan iklim. Tidak terkecuali tantangan dari dalam diri si kecil sendiri.

Nadya Pramesran, psikolog keluarga dari Rumah Dandelion kemudian memapar hasil penelitian dalam 50 tahun terakhir yang menegaskan bahwa masa anak-anak usia dini ini adalah waktu yang paling tepat dalam memahami dan mengembangkan resiliensi.

“Dan salah satu cara mengembangkannya yaitu melalui pengalaman yang bermakna atau purposeful exposure,” begitu ungkapnya di tengah acara Royal Lounge Nutriclub di Pakuwon Mall, Kamis (12/12/2019).

Memberikan pengalaman, lanjutnya,bisa dilakukan orang tua dengan cara memberi tantangan-tantangan sesuai usia dan kapasitas anak. Dengan demikian, anak tahu batas dan kemampuan dirinya, dan apa yang ia miliki untuk menghadapi masalah.

“Hal ini perlu dilakukan agar si kecil terbiasa menghadapi tantangan dan ketidakpastian dan fokus pada cara penyelesaian yang paling efektif,” imbuhnya.

Pemahaman terhadap pentingnya karakter resilient ini lah yang coba disebarkan Nutrilon ke masyarakat lewat gelaran acara Royal Lounge Nutriclub di pusat perbelanjaan tersebut.

Lewat kegiatan Royal Lounge Nutriclub yang dipusatkan di Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Nutrilon menggelar berbagai acara edukasi kepada pengunjung.

Acara ini berisi konsultasi secara langsung dengan para ahli, sharing session dengan Celebrity Mama, hingga berbagai permainan edukatif yang menjadi sarana bagi si buah hati untuk mengembangkan karakter resilient-nya.

“Acara ini bertujuan untuk memberi edukasi secara langsung ke masyarakat mengenai pentingnya resilient bagi anak,” kata Vega Gupta, Senior Brand Manager Nutrilon Royal.

Vega Gupta menekankan bahwa karakter resilient bukan bawaan dari lahir. “Butuh peran serta orang tua untuk secara konsisten mendukung pembentukannya sejak dini dan dimulai dari lingkungan terdekat,” pungkasnya. dit

#nadyamulya #nutriclub #pakuwonmall #royalloungenutriclub

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)