Selamat! Tinggalkan Surabaya, Risma Emban Tugas Baru Sebagai Menteri Sosial

264 views
Tri Rismaharini

iniSURABAYA.com – Setelah sempat menjadi kasak-kusuk dalam sepekan belakangan, Tri Rismaharini akhirnya benar-benar ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial menggantikan Jualiri P Batubara.

Kepastian itu diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi dalam siaran langsung dari Istana Negara melalui tayangan YouTube Sekretariat Negara, Selasa (22/12/2020).

Nama Risma yang sempat menjabat Wali Kota Surabaya selama dua periode ini bahkan disebut Jokowi di urutan pertama diantara enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju.

“Saya akan memperkenalkan satu per satu. Yang pertama, Ibu Tri Rismaharini. Saya kira kita tahu semuanya. Beliau adalah Wali Kota Surabaya. Dan saat ini, Ibu Tri Rismaharini akan kami beri tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” tegas Jokowi.

Sebelumnya dalam beberapa kali kesempatan Risma menyatakan tidak mengincar jabatan apa pun di kementerian, termasuk menjadi Menteri Sosial sebagaimana santer dalam bahasan di sejumlah media sosial.

Namun, lulusan ITS Surabaya ini mengaku akan menjalaninya sepanjang ditugaskan oleh Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan.   

“Siapa pun yang ngomong, kalau saya mendapat perintah Bu Mega: Bu Risma kamu jalani, aku baru jalan,” cetus Risma waktu itu.

Risma kembali menegaskan, dia tidak pernah meminta bahkan kepingin jabatan Mensos. Karena menurutnya jabatan Mensos tanggungjawabnya berat.

“Tapi bukan aku yang minta, atau aku yang kepingin. Kalau aku yang kepingin aku takut itu tadi, karena sekian juta tergantung pada bantuan-bantuan tadi. Kalau aku salah kan bahaya sekali, aku harus mempertanggungjawabkan kepada Tuhan ya opo,” tandas Risma yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Wali Kota Surabaya awal tahun 2021. dit

Berikut Nama Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju:
Menteri Sosial: Tri Rismaharini
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Salahudin Uno
Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin
Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
Menteri Perdagangan: Muhammad Lutfhi

#jokowi #kabinetindonesiamaju #menterisosial #trirismaharini #walikotasurabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)