Edukasi Bahaya Merokok pada Anak Kurang Dapat Dukungan Masyarakat? Gaprindo Beri Pernyataan Tegas Ini

100 views

Selain itu, Lisda berharap semua pihak juga terus bahu membahu mengurangi prevalensi perokok anak dengan meningkatkan pengawasan penjualan rokok.

Gaprindo pun sejak tahun 2020 kembali gencar mengkampanyekan langkah preventif anak terhadap rokok. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang pernah dilakukan beberapa tahun yang lalu.

Kampanye tidak hanya dilakukan melalui seminar-seminar luring, memberikan edukasi kepada peritel modern maupun tradisional, tapi juga membuat kanal digital  bernama cegahperokokanak.id.

Laman tersebut berisi berbagai tip yang penting diketahui oleh keluarga untuk mencegah anak dari ketergantungan rokok. Mengedepankan peran orang tua dalam kampanye ini sesuai norma Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang menyatakan bahwa dari 70 juta anak di Indonesia, 37 persen atau 25,9 juta anak di antaranya pernah dan masih merokok.

Upaya pencegahan harus dimulai sejak dini, dari lingkungan dan orang terdekat anak itu sendiri.

Melansir cegahperokokanak.id, peran orang tua dalam preventif perokok anak bisa terbagi menjadi dua hal. Yang pertama, jika anak masih dalam tahap mencoba-coba, para orang tua hendaknya berupaya meningkatkan kepercayaan diri si anak agar mampu  menyikapi dengan tepat tekanan dan ajakan teman sebayanya.

Orang tua hendaknya memberi pemahaman pada anak mengenai hal yang benar dan bukan mengenai yang salah. Anak yang merasa terhubung dengan orangtuanya akan lebih terbuka berbicara tentang masalah yang dihadapinya.

Adapun jika anak sudah dalam tahap kecanduan, orang tua diharapkan tidak bereaksi berlebihan, tetapi siapkan komunikasi yang lebih intens dan lebih fokus. Mintalah anak berbicara jujur untuk mengungkapkan apa yang membuatnya tertarik pada rokok.

Ajak anak untuk memikirkan masalah ke depan, seperti kesehatan dan keuangan. Tunjukan bahwa anak bisa membeli sesuatu barang yang lebih berarti dengan uangnya, dibandingkan membeli rokok. wid

#bahayamerokok #bennywachjudi #gaprindo #kampanyeantirokok #merokok

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)