Perawatan Mobil Usai Mudik, Pemeriksaan Apa Saja yang Perlu Dilakukan Agar Kendaraan Tetap Prima? Begini Tips dari MG

Kendaraan perlu diperiksa secara keseluruhan di bengkel resmi agar kondisi prima tetap terjaga.

iniSURABAYA.com – Perjalanan panjang mudik ke kampung halaman saat IdulFitri usai sudah.

Sebelum kembali menggunakan mobil untuk menjalani aktivitas rutin seperti bepergian ke kantor, ada baiknya mobil kembali dicek di bengkel resmi agar performa mesin dan kualitas suku cadang tetap terawat dan pengalaman berkendara tetap nyaman.

Bacaan Lainnya

Terlebih jika mobil yang dibawa pulang kampung sudah melewati jarak ribuan kilometer dan melalui berbagai jenis permukaan jalan, terutama yang kurang baik.

Untung bagi pemilik mobil MG karena program layanan purnajual, MG Care #LebaranMudahMudik, masih berlangsung hingga 15 Mei mendatang. Melalui program ini, para pemilik mobil MG diberi keleluasaan untuk mendapatkan free 34 inspection point kendaraannya.

Namun, ada enam titik utama yang paling penting untuk diawasi dan dirawat agar kondisi mobil senantiasa prima. “MG Motor Indonesia berkomitmen untuk memberikan pelayanan dengan fasilitas terbaik bagi konsumen MG,” kata Arief Syarifudin, Lead Marketing & PR MG Motor Indonesia.

Dan program MG Care #LebaranMudahMudik, lanjut Arief, adalah salah satu program layanan purnajual MG yang prima bagi konsumen dengan memberikan free 34 inspection point sejak pre-mudik hingga pasca mudik.

Sehingga konsumen MG yang baru tiba dari kampung halamannya, tidak perlu khawatir untuk melakukan pengecekan kendaraan melalui bengkel resmi MG, agar kendaraanya kembali prima.

Berikut adalah tips dari MG yang wajib diperiksa pasca Mudik:
1. Oli atau pelumas.
Tingginya suhu mesin dapat mengubah kondisi oli, baik itu dari sisi kekentalan oli dan juga volumenya yang berkurang sehingga perlu diganti agar kondisi mesin tetap baik dan mampu berjalan dengan halus. 2. Kaki-kaki mobil.
Shockbreaker, lower-arm, serta keausan dan tekanan angin ban harus dicek, karena perjalanan panjang dan kondisi jalan yang tidak menentu membuat mereka bekerja ekstra dalam menopang kendaraan, bahkan kondisi ban juga perlu dipastikan kualitasnya.
3. Pengereman.
Kampas dan minyak rem harus dipastikan dalam kondisi normal, mengingat kemacetan panjang sering membuat rem mudah aus karena terkikis.
4. Suhu mobil.
Mobil yang terus menerus digunakan bisa mengalami masalah jika dibiarkan hidup terus menerus. Ada beberapa kerusakan dalam mobil yang bisa memicu suhu mesin mobil menjadi naik, seperti anti-freeze atau pendingin mesin yang mengalami kebocoran dan thermostat yang bermasalah.
5. AC Mobil.
Kondisi AC juga harus dicek seperti kondisi filter dan kebersihannya, biasanya AC bekerja lebih pada saat mudik dan dapat menyebabkan sirkulasi AC menjadi kurang baik.
6. Tune Up.
Bahan bakar minyak yang sudah mengalami proses campuran dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan performa kendaraan. Sebaiknya setelah mudik tune-up mesin dapat mengembalikan kondisi performa kendaraan kembali dan menjadi lebih optimal.

Bagi pengguna mobil MG, free 34 inspection point dapat dilakukan di bengkel resmi MG sampai dengan tanggal 15 Mei 2022 mendatang. Dan jika diperlukan MG memberikan potongan harga khusus untuk penggantian engine filter, filter oil dan wiper blade. wid

Pos terkait