Yakin Ekonomi Indonesia Tumbuh 5%, Erick Thohir Tekankan pada 4 Faktor Pendukung Ini

Erick Thohir, Menteri BUMN RI (baju biru, tengah) bersama para pengusaha di Jawa Timur usai acara Talkshow bertajuk

iniSURABAYA.com – Di tengah disrupsi yang terjadi belakangan akibat pandemi Covid-19 maupun geopolitik Rusia-Ukraina, Erick Thohir, Menteri BUMN menyatakan optimistis pertumbuhan ekonomian Indonesia bisa mencapai lima persen sampai 2045.

“Memang banyak yang tanya, dari mana angka (lima persen) itu,” ujar Erick Thohir kepada awa media, Minggu (9/10/2022).

Bacaan Lainnya

Ditemui usai acara Talkshow bertajuk ‘Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 dan Resesi Ekonomi Global’ yang digelar Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI), Erick Thohir menekankan bahwa optimisme tersebut didasarkan pada empat faktor pendukung yang diyakini jadi potensi pendorong pertumbuhan ekonomi negeri ini.

Yang pertama, kata Erick, sumber daya alam Indonesia harus difokuskan untuk hilirisasi dan industrialisasi agar Indonesia tidak hanya mengirim bahan baku ke luar negeri.

“Potensi sumber daya alam ini bisa jadi penyokong pertumbuhan ekonomi indonesia dan sekaligus membuka lapangan kerja baru,” tandasnya.

Yang kedua, sebagai negeri agrikultur Indonesia harus bisa menjadi lumbung pangan dunia. Erick lalu menunjuk kekayaan laut negeri ini yang sangat luar biasa diyakini bisa jadi lumbung pangan potensial.

Pos terkait