Yakin Ekonomi Indonesia Tumbuh 5%, Erick Thohir Tekankan pada 4 Faktor Pendukung Ini

“Tentu harus melalui proses industrialisasi dulu,” papar ayah empat anak ini.  

Sedang faktor pendukung yang ketiga adalah digital ekonomi yang mencapai Rp 4.500 triliun merupakan potensi yang bisa jadi kekuatan terbesar di Asia Tenggara. “Tinggal bagaimana monetisasi dengan hal-hal positif untuk mendorong pertumbuhan digital melalui anak muda Indonesia,” urainya.

Bacaan Lainnya

Potensi yang keempat, lanjut Erick, adalah yang berkaitan dengan industri kreatif Indonesia, seperti pariwisata, industri Olahraga, musik, film fashion, dan makanan yang diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru Indonesia di masa depan.  

“Jadi menetapkan angka (pertumbuhan ekonomi) lima persen itu bukan sesuatu yang muluk-muluk. Tetapi berdasar potensi yang kita miliki itu tadi,” tandasnya.

Erick mengakui, untuk mewujudkan target tersebut diperlukan kerjasama banyak pihak. “Pemerintah pusat, (pemerintah) daerah, BUMN, pengusaha, UMKM, dan generasi muda harus bersama-sama membangun jaringan atau ekosistem yang spesifik milik Indonesia, bukan ekosistem negara lain. Bukan ekosistem China, maupun ekosistem Amerika,” cetusnya.

Erick Thohir kembali menyatakan perlunya kekuatan-kekuatan tersebut untuk gotong royong mendorong membangun fondasi bersama-sama.  

Pos terkait