Minum Obat Tetapi Sakit Tak Kunjung Sembuh? Jangan Keburu Salahkan Dokter, Perhatikan Dulu Hal Penting Berikut Ini

2. Tidak disarankan makan pisang dengan beberapa obat darah tinggi. Karena potensi meningkatkan kadar kalium yang dapat menyebabkan gangguan irama jantung.

3. Menyimpan obat ketika badan dirasa sudah enak. “Biasanya pada obat antibiotik, darah tinggi, dan diabetes. Mestinya diminum tiga hari, tetapi di hari kedua sudah enak lalu dihentikan. Ini justru akan terjadi kekebalan terhadap antibiotik,” tegasnya.

Bacaan Lainnya

4. Kebiasaan salah menggunakan antibiotik untuk semua jenis sakit. “Radang tenggorokan, batuk pilek ringan, demam sedikit antibiotik. Padahal sebagian besar flu adalah virus, tidak perlu antibiotik,” pesannya.

5. Minum obat yang sudah lama dibuka. “Untuk sirup kering maksimal 14 hari setelah tutupnya dibuka. Penggunaan salep jangan lebih tiga bulan. Tetes mata jangan lebih dari 28 hari setelah dibuka. Dan untuk insulin jangan lebih dari empat minggu,” ujarnya.

Di kesempatan tersebut, dr Fachry kembali mengingatkan agar pasien tidak segan konsultasi dengan dokter atau apoteker kapan minum obat terbaik. “Obat anti nyeri sebaiknya diminum setelah makan. Obat kolesterol diminum malam hari menjelang tidur. Obat diabetes diminum sebelum atau setelah makan. Untuk obat hipertensi, ada yang diminum pagi atau malam atau sore,” pungkasnya.

Pos terkait