Minum Obat Tetapi Sakit Tak Kunjung Sembuh? Jangan Keburu Salahkan Dokter, Perhatikan Dulu Hal Penting Berikut Ini

Warga RW 04 Ketintang Surabaya dapat kesempat periksa kesehatan gratis dari tim kesehatan RSIA Kendangsari Surabaya.

iniSURABAYA.com – Minum obat dari dokter tetapi tak kunjung sembuh? Jangan keburu berkesimpulan dokternya yang salah memberi obat atau obatnya tidak manjur.

“Yang sering terjadi justru pasien keliru cara minum obat, sehingga efek sembuh dari obatnya juga tidak diperoleh,” tegas dr Muhamad Fachry SpOG saat hadir di acara Senam Warga RW 04 Ketintang Surabaya, Minggu (25/2/2024).

Bacaan Lainnya

Dokter Fachry yang sehari-harinya bertugas di RSIA Kendangsari Surabaya ini menambahkan,”Jika seseorang menderita anemia lalu minum zat besi tetapi kok HB-nya tidak naik? Atau sakit nyeri, setelah minum obat kok nyerinya tidak hilang juga? Lalu berkesimpulan dokternya nggak manjur kasih obatnya!”

Padahal, lanjut dr Fachry, yang sering terjadi adalah kesalahan dalam minum obat. “Jadi yang penting untuk diperhatikan adalah baca aturan minum obat dengan benar. Misal sebelum atau sesudah makan. Dalam keadaan perut kosong, pagi, siang, atau malam? Juga apakah (obatnya) ditelan, dikunyah, atau ditaruh di bawah lidah,” paparnya.

Dokter Fachry yang juga warga Ketintang ini memberi contoh cara minum obat anemia. “Obat yang mengandung zat besi harus diminum dalam keadaan perut kosong,” pesannya.

Pos terkait